Agar tak Dibobol Orang, Begini Cara Menjaga Keamanan Akun Media Sosial

Dini Listiyani
Cara menjaga keamanan akun media sosial agar tak dibobol orang tidak sulit. (Foto: unsplash)

SERPONG CITY, iNewsSerpong.id - Pelaku kejahatan siber selalu mempunyai cara untuk mendapatkan korban. Karena itu, penting menjaga keamanan akun media sosial (medsos).

Medsos sering digunakan mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Di dalamnya pun berisi data pribadi yang mungkin tidak ingin diketahui orang lain.

Namun, para pelaku kejahatan siber selalu mempunyai cara mendapatkan korbannya. Misalnya dengan eksploitasi zero-click yang digunakan untuk mengambil alih akun terkenal.

Menurut perusahaan keamanan siber Kaspersky, eksploitasi zero-click sendiri sangat sulit dihentikan dan diuraikan. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi risiko, terutama terkait dengan gambar profil.

Cara Menjaga Keamanan Akun Media Sosial

  1. Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Unik
    Password yang lemah sering kali menjadi titik masuk penjahat siber. Kata sandi harus dibuat unik dan tidak digunakan di berbagai platform. Jika kesulitan membuat kata sandi yang unik, pertimbangkan menggunakan pengelola kata sandi demi menghasilkan kata sandi unik dan kuat.
  2. Gunakan Otentikasi Dua Faktor
    Sebagian besar platform mengizinkan beberapa bentuk autentikasi dua faktor untuk mengamankan sisi pengguna. Meski banyak orang secara default menggunakan SMS atau email sebagai sumber verifikasi kedua, disarankan untuk menggunakan aplikasi autentikator.
  3. Jangan Klik Link Sembarang
    Rasa ingin tahu bisa saja mematikan di era digital. Jangan asal mengklik link aneh yang dikirimkan orang lain jika tidak ingin menjadi korban.
  4. Berikan Edukasi Anak
    Jika memiliki anak, pertimbangkan berbicara soal keamanan besar di jejaring sosial. Ajarkan juga generasi berikutnya tentang keamanan data.
  5. Gunakan Layanan Cek Privasi
    Anda juga bisa menggunakan layanan seperti Privacy Checker untuk mengonfigurasi privasi dan keamanan di jejaring sosial, layanan online, dan aplikasi lainnya. (*)

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network