Mengapa Diperingati Setiap 1 Juli? Ini Sejarah Hari Bhayangkara

Rizky Agustian
Hari Bhayangkara diperingati setiap 1 Juli. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Beragam kegiatan digelar Polri dalam memeringati Hari Bhayangkara ke-78. Puncaknya akan digelar di Monas, Jakarta, hari iniSenin (1/7/2024).

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan rangkaian acara seperti upacara hingga pertunjukan marching band dari taruna Akademi Kepolisian (Akpol) akan digelar. Selain itu, panggung hiburan juga disiapkan.

"Rencananya, dalam upacara tersebut akan dihadiri Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, bersama Presiden dan Wapres terpilih dalam Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta pejabat negara lainnya," kata Trunoyudo, pada Minggu (30/6/2024).

Puncak Perayaan

Masyarakat diajak untuk menghadiri puncak perayaan Hari Bhayangkara tersebut. Sejumlah artis seperti Isyana Sarasvati, GIGI, RAN, Endah N Rhesa, Ari Lasso, hingga NDX AKA akan tampil.

Selain itu, Polri juga menyiapkan 150 booth makanan dan minuman secara gratis. Sehingga masyarakat tidak perlu pusing mencari makanan dan minuman untuk menemani menonton artis-artis ternama kesayangan.

Lantas bagaimana sejarah Hari Bhayangkara hingga akhirnya diperingati setiap 1 Juli? Berikut iNews.id rangkum dari laman resmi Polri.

Sejarah Hari Bhayangkara

Keberadaan Polri dapat dirunut sejak masa Kerajaan Majapahit. Saat itu, Mahapatih Gajah Mada membentuk pasukan pengamanan bernama Bhayangkara yang bertugas melindungi raja dan kerajaan.

Pasukan keamanan juga dibentuk pada masa kolonial Belanda. Masyarakat pribumi dipekerjakan untuk menjaga aset dan kekayaan orang-orang Eropa.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network