Airbag Bisa tidak Mengembang, Jangan Asal Simpan Benda di Atas Dashboard Mobil

Dani M Dahwilani
Ada kasus airbag tak bisa keluar karena memasang perekat pada titik airbag atau meletakkan barang di atasnya, seperti kotak tisu, parfum mobil, boneka. (Foto: Reuters)

2.    Hindari Meletakkan Benda di Dashboard Mobil

Dilarang meletakkan benda apapun di kemudi atau mengganti setir yang bukan standar. Jangan pula merekatkan stiker atau memasang aksesoris yang dapat mengganggu fungsi airbag.

Ada kasus airbag penumpang tidak keluar karena titik keluarnya di dashboard tertutup benda seperti kotak tisu atau boneka pajangan. Benda tersebut bisa terlempar ke arah penumpang dan menyebabkan cedera serius.

3.    Anak Kecil Duduk di Belakang

Hindari mendudukkan anak kecil di bangku penumpang depan. Airbag yang mengembang dapat berbahaya bagi anak, apalagi mereka bisa panik saat itu terjadi. Anak sebaiknya duduk di belakang menggunakan child seat dengan seat belt untuk mencegah cedera saat kecelakaan.

4.    Kondisi Airbag Tidak Mengembang

Airbag berisiko tidak mengembang jika sensor tidak terpicu, misalnya saat tabrakan dari samping untuk mobil yang belum memiliki side airbag atau curtain airbag.

Airbag juga mungkin tidak mengembang jika terkena impak dari belakang atau menabrak obyek yang lebih tinggi seperti bagian belakang truk. Airbag juga mungkin tidak berfungsi jika tabrakan terjadi secara menyudut atau menabrak tiang tepat di tengah.

5.    Lampu Indikator Airbag

Jika lampu indikator airbag tetap menyala setelah mesin dihidupkan, segera periksakan mobil ke bengkel. Ini menjadi indikator bahwa airbag bermasalah. Jangan sampai airbag tidak dapat mengembang saat terjadi benturan. (*)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network