5 Gunung di Pulau Jawa Bisa Dilihat, 6 Desa di Purworejo Layak Didatangi

Vien Dimyati
6 Desa di Purworejo Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Bisa Lihat 5 Gunung di Pulau Jawa (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pesona keindahan alam yang ada di Purworejo, Jawa Tengah sangat menarik untuk dijelajahi. Pariwisata di Purworejo memang tidak begitu populer seperti di Magelang, tapi jika dijelajahi lebih dalam Anda akan menemukan surga tersembunyi.

Ya, keindahan Purworejo terletak pada kombinasi lanskap alamnya yang beragam, mulai dari pantai, pegunungan, hingga air terjun yang menakjubkan, serta kekayaan budaya dan sejarah yang kaya. 

Namun, di balik keindahan pemandangan alamnya, ada beberapa desa menakjubkan untuk dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Desa-desa tersebut dijamin akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama.

Penasaran, di mana saja desa di Purworejo yang bisa dijelajahi? Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (10/7/2024).

Desa di Purworejo 

1. Desa Pandanrejo

Desa Pandanrejo terkenal dengan panorama lima gunung dari Pulau Jawa yang dapat dilihat dari beberapa titik di desa ini. Pemandangan ini mencakup Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Slamet. Udara yang sejuk dan suasana perdesaan yang tenang menambah daya tarik desa ini sebagai tempat wisata alam. Desa Pandanrejo berlokasi di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

2. Desa Somongari

Desa Somongari terletak 12 Km ke arah tenggara dari Kota Purworejo, berada di gugusan Perbukitan Menoreh yang membujur ke arah timur. Landscape yang luas membentang terdiri atas gugusan pegunungan dan lembah, menjadikan alam Desa Somongari menjadi indah. Perekonomian masyarakat setempat bergantung kepada mata pencaharian sebagai petani yang hampir 80 persen kawasan desa ini ditanami pohon durian, manggis, cengkih, melinjo dan kelapa. Jika berada di sini, jangan lewatkan untuk singgah ke Curug Silangit yang menawarkan pemandangan asri dan alami. Terletak di tengah hutan, air terjun ini memberikan pengalaman yang menenangkan dengan suara gemericik air dan kicauan burung. Jalan menuju air terjun juga menawarkan pemandangan hutan yang hijau dan segar. Desa Somongari terletak di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

3. Desa Tlogoguwo

Desa Wisata Tlogoguwo terletak 21 km di timur Purworejo. Desa wisata ini berada di Perbukitan Menoreh dan memiliki area yang sangat luas. Salah satu kawasan wisata yang menarik untuk dijajal adalah Hutan Pinus Kalilo. Hutan ini menawarkan pemandangan pohon pinus yang menjulang tinggi dengan suasana yang rindang dan asri. Spot foto yang Instagramable banyak ditemukan di area ini, menjadikannya tempat yang populer bagi wisatawan untuk berfoto dan menikmati keindahan alam. Dari beberapa titik, pengunjung dapat melihat hamparan perbukitan yang luas dan hijau. Desa Tlogoguwo terletak di Kecamatan Kaligesing.

4. Desa Kalibang

Desa Kalibang di Purworejo merupakan salah satu desa yang terkenal dengan keindahan alamnya, terutama karena adanya objek wisata air terjun Curug Muncar. Air terjun setinggi 90 meter ini terletak di ketinggian 900 mdpl. Pemandangan di sekitar air terjun sangat menakjubkan dengan air yang jernih dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau. Suasana alami dan segar membuat tempat ini cocok untuk pencinta alam yang mencari ketenangan dan keindahan. Desa Kalibang berlokasi di Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

5. Desa Ketawangrejo

Desa Wisata Ketawangrejo  terletak di pesisir selatan Jawa Tengah tepatnya di kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo dengan jarak dari Stasiun Kutoarjo 12 km, dan dari bandara NYIA Kulonprogo 20 km. Beberapa potensi wisata bisa didapatkan di sana, hamparan pantai yang luas, taman cemara yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati udara pantai tanpa kepanasan, petik buah jambu kristal yang dijamin kesegarannya, makanan khas clorot dengan tehnik makan yang unik, sajian kesenian tradisional gojek lesung yang melegakan jiwa, serta homestay yang siap melepas kepenatan. 

Berada di desa ini jangan lewatkan untuk singgah ke Pantai Ketawang. Pantai ini memiliki suasana yang asri dan natural dengan pasir hitam yang eksotis. Meskipun masih belum banyak dikenal, pantai ini menawarkan pemandangan laut yang indah dan sering menjadi lokasi perlombaan balap kuda. Lingkungan yang masih alami dan tenang menambah daya tarik pantai ini sebagai destinasi wisata yang ideal untuk bersantai. Desa Ketawangrejo berlokasi di Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

6. Desa Bapangsari

Desa Bapangsari di Purworejo merupakan salah satu desa yang memiliki daya tarik sejarah dan keindahan alam. Berada di sini Anda harus mengunjungi Benteng Pendem. Benteng peninggalan zaman penjajahan Jepang ini menawarkan pemandangan sejarah yang menarik. Terletak di perbukitan dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut, benteng ini dikelilingi oleh alam yang indah. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekaligus mengenang sejarah masa lalu. Desa Bapangsari berlokasi di Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Itulah seputar desa di Purworejo sangat menakjubkan untuk dijelajahi. Setiap desa dan destinasi wisata di Purworejo ini menawarkan keindahan alam yang unik, memberikan pengalaman yang berbeda bagi setiap pengunjung.

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network