Agar Awet, Begini Cara Merawat Baterai Mobil Listrik di Rumah

Muhamad Fadli Ramadan
Masih banyak pemilik mobil listrik belum tahu bagaimana cara penanganan baterai agar lebih awet dan tahan lama. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kepemilikan mobil listrik di Indonesia terus meningkat, namun, banyak pemilik mobil listrik masih belum tahu cara menangani baterai agar lebih awet dan tahan lama.

Sebagai informasi, baterai adalah komponen penting dalam mobil listrik sebagai sumber daya utama. Jika bermasalah, kinerja mobil listrik menjadi tidak optimal, yang bisa menimbulkan masalah saat berkendara.

Oleh karena itu, menjaga ketahanan baterai perlu menjadi perhatian bagi pengendara mobil listrik. Beberapa faktor yang memengaruhi daya tahan baterai meliputi kapasitas baterai, gaya mengemudi, kondisi cuaca, dan usia baterai.

Perpanjang Daya Tahan

Merawat baterai mobil listrik penting dilakukan untuk memperpanjang daya tahan. Berikut ini tips perawatan baterai yang bisa dilakukan di rumah untuk memperpanjang usia baterai mobil listrik, dilansir dari Hyundai Gowa:

1.    Pastikan baterai terpasang dengan aman

2.    Jaga agar bagian atas baterai dalam keadaan kering

3.    Jaga agar terminal dan sambungan tetap bersih, kencang, dan dilapisi dengan petroleum jelly atau grease/gemuk terminal

4.    Segera bilas elektrolit yang tumpah dari baterai dengan larutan air dan soda kue

5.    Jika kendaraan tidak akan digunakan untuk waktu yang lama, lepaskan kabel baterai

Pastikan pemilik mobil listrik telah membaca buku panduan dan memahami instruksi penanganan baterai. Jauhkan baterai dari sumber api atau bahan mudah terbakar dan dari jangkauan anak-anak.

Selain itu, jangan pernah menggunakan perangkat pengisi daya yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Pemilik mobil listrik juga disarankan untuk tidak sering menggunakan pengisian daya cepat atau fast charging. Ini bisa membuat kesehatan baterai cepat menurun karena daya listrik besar yang ditembakkan. (*)

 

 

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network