get app
inews
Aa Read Next : Huawei Pura 70 Series Bikin Ketar-ketir iPhone 15

Menarik, Ilmuwan Temukan Cara Perpanjang Usia Baterai Ponsel

Jum'at, 19 April 2024 | 15:02 WIB
header img
Para ilmuwan telah menemukan cara memperpanjang umur baterai pada smartphone dan laptop. (Foto: Azom)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Tantangan utama bagi pengguna perangkat elektronik berbaterai seperti smartphone dan laptop Keterbatasan adalah adanya keterbatasan dalam umur pemakaian. Seiring berjalannya waktu dan pemakaian yang intensif, kapasitas baterai pun menurun hingga akhirnya menjadi lemah.

Namun, para ilmuwan telah membuat terobosan baru yang dapat mengatasi masalah ini.

Mereka menciptakan protokol pengisian daya baru untuk baterai lithium-ion yang dapat memperpanjang umur baterai pada smartphone dan laptop hingga dua kali lipat. 

Metode pengisian daya ini menggunakan arus pulsa alih-alih arus konstan untuk memberi daya pada perangkat.

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada 14 Maret di jurnal Advanced Material Sciences, metode ini dapat memperpanjang usia pakai baterai selama bertahun-tahun. Baterai lithium-ion umumnya digunakan dalam berbagai perangkat, mulai dari kendaraan listrik hingga elektronik portabel. Namun, kapasitas maksimum baterai ini akan menurun seiring waktu dan penggunaan.

Menurut produsen laptop Lenovo, baterai pada banyak laptop bisa bertahan hingga lima tahun sebelum melemah - atau melalui 300 hingga 500 siklus pengisian daya. Baterai terbaik bahkan bisa memiliki masa pakai hingga delapan tahun.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mengisi daya baterai dengan arus konstan dan arus pulsa, kemudian mengukur kapasitas pengisian daya baterai tersebut. Mereka menemukan bahwa arus pulsa dapat meningkatkan jumlah siklus pengisian daya yang dapat dijalani baterai dari sekitar 500 siklus untuk arus konstan menjadi lebih dari 1.000 siklus.

Pengisian arus pulsa bekerja lebih baik karena periode istirahat di antara pengaliran arus memungkinkan material untuk beristirahat. Temuan ini menawarkan wawasan untuk mengoptimalkan protokol pengisian daya baterai lithium-ion modern dan kemungkinan besar akan membantu dalam kemajuan teknologi baterai masa depan.

Penemuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya pada tahun 2023, yang menemukan bahwa daya tahan baterai lithium-ion meningkat ketika menggunakan protokol pengisian daya berbasis arus pulsa. Dengan demikian, penelitian ini membuka jalan bagi peningkatan efisiensi dan umur pakai baterai pada perangkat elektronik. (*)

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada oleh dengan judul "Kabar Gembira, Ilmuwan Temukan Cara Memperpanjang Umur Baterai Ponsel". 

 

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.

- Android: https://sin.do/u/android

- iOS: https://sin.do/u/ios

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut