Bisa Lihat Goa China Tempat Pertapaan Biksu Zaman Kuno, Desa di Malang Mempesona

Vien Dimyati
Desa di Malang Sangat Menakjubkan, Bisa Lihat Goa Cina Tempat Pertapaan Biksu Zaman Kuno (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Keindahan alam yang ada di Kota Malang sangat menarik untuk dijelajahi. Malang merupakan satu kota di Jawa Timur yang menyimpan banyak destinasi menakjubkan. 

Selain ada pegunungan, air terjun, hingga pantai, Malang juga memiliki beberapa desa menakjubkan yang tersembunyi harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup.

Kali ini Anda harus singgah ke Desa Sitiarjo, yang ada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Di desa ini terdapat satu pantai menakjubkan ernama Pantai Goa Cina. Penasaran, ada apa saja di desa tersebut? Berikut ulasannya.

Penasaran, ada apa saja di desa tersebut? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (15/7/2024).

Keindahan Pantai Goa Cina, hampir sama dengan pantai pada umumnya. Hanya saja, pemandangan yang menarik di sini adalah terdapat gua tempat seorang biksu bertapa. Di tengah pantai terdapat tiga bebatuan karang yang besar ditumbuhi rumput.

Bebatuan tersebut menyerupai pulau. Di sini terdapat gua, tempat seorang biksu bertapa hingga akhir hayat. Awal mulanya, pantai ini bernama Rowo Indah. Namun setelah kedatangan seorang biksu China, Pantai ini kemudian berganti nama menjadi Pantai Goa Cina, tepatnya pada 1903.

Kata Goa Cina berasal dari pertapaan Biksu China tersebut di gua yang ada di pinggir Pantai. Biksu tersebut tidak pernah keluar dan kemudian diketahui telah meninggal dan menyisakan tulang belulang, tulisan-tulisan berbahasa China di dinding gua beserta mangkuk.

"Pantai Goa Cina adalah pantai di pesisir selatan yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama asli dari pantai ini adalah Pantai Rowo Indah. Namun karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang Tionghoa yang sedang bertapa di dalam goa yang ada di kawasan pantai ini, nama Rowo Indah kalah popular dibandingkan dengan Goa Cina yang digunakan sampai sekarang," tulis Instagram @ayodolan.

Pantai ini terkenal karena masih alami. Pemandangan alam dan air laut yang jernih membuat siapa saja terpikat. Pasir Pantai Goa Cina berwarna putih berkilau dan di sepanjang bibir Pantai berbaris pohon cembirit dan ketapang. Selain itu juga ada pemandangan deretan tebing di pinggir Pantai.

Selain bermain di pantai, Anda juga bisa mengunjungi Goa Cina. Untuk pergi ke gua, Anda harus berhati-hati karena rute yang dilewati sempit dan juga menaiki batuan karang. Gua itu berada 50 meter di sisi kanan Pantai. Tidak ada batuan stalaktit dan stalakmit, karena gua ini hanya rongga di dalam karang. Selain melewati jalanan yang sempit, sesampainya di pintu gua Anda harus melewati pintu yang memiliki ketinggian setengah meter.

Untuk masuk ke dalam kawasan Pantai Goa Cina dan menikmati segala keindahannya, Anda harus membayar tiket seharga Rp4.000 per orang. Pantai ini terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kota Malang. Jika dari pusat Kota Malang, Pantai Goa Cina terletak di arah selatan dengan mengambil rute ke Gadang yang menuju Bululawang.

Dari Bululawang, ambil rute arah Turen, lalu ke Dampit, dan ke Sumber Manjung Wetan. Ketika di perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan Gunung Kapur, tepatnya ketika berada di Desa Druju. Sebelum tiba di Pantai Goa Cina, Anda juga akan melihat jembatan berdesain di Desa Bajul Mati. Jika sudah di Desa Bajul Mati, Anda akan menemukan pertigaan menuju ke lokasi Pantai. Kira-kira lama perjalanan dari kota Malang adalah sekitar 3 jam.

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network