Mengenal Lebih Jauh CVT Motor: Kunci Kenyamanan pada Motor Matic

Mohammad Saifulloh
Continuously Variable Transmission (CVT) pada motor matic menggunakan sistem pulley dan v-belt yang saling terhubung untuk merubah rasio gear dengan cara yang halus dan kontinyu. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pengendara motor matic tentu merasakan kenyamanan berkendara berkat sistem otomatis yang dimilikinya.

Di balik kenyamanan tersebut terdapat CVT yang memungkinkan pengendara untuk mengubah rasio gear secara otomatis, tanpa merasakan perubahan gigi secara fisik.

Berbeda dengan transmisi manual atau otomatis konvensional, CVT motor matic menggunakan sistem pulley dan v-belt untuk melakukan perubahan rasio gear dengan lancar.

Akselerasi Lebih Halus

Menurut laman Astra Oto, CVT motor memberikan pengalaman akselerasi yang lebih halus. Pengendara dapat merasakan perubahan kecepatan secara mulus tanpa ada hentakan atau penurunan tenaga.

Selain itu, CVT juga membantu menjaga mesin tetap pada putaran optimal, yang mendukung akselerasi lebih halus dan tenaga yang lebih baik.

Salah satu keunggulan dari CVT motor adalah kemampuannya untuk memberikan akselerasi yang lebih halus, tanpa rasa terlempar saat transisi perubahan gigi. CVT memberikan kemudahan karena tidak memerlukan penggantian gigi seperti pada transmisi manual, yang pada gilirannya meningkatkan kenyamanan pengendara.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network