InJourney Airports Siap Kelola Bandara IKN Jika Diberi Kepercayaan

Iqbal Dwi Purnama
InJourney Airports siap jika ditugaskan sebagai operator Bandara Nusantara di IKN. (Foto: BKIP Kemenhub)

Saat ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sedang melakukan proses kalibrasi Bandara Nusantara di IKN sebelum beroperasi, dengan penerbangan misi kalibrasi dilakukan pada Selasa, 10 September 2024, sebagai tindak lanjut dari verifikasi yang berlangsung pada 8-9 September.

Di samping kalibrasi, juga dilakukan penerbangan validasi prosedur terbang dengan Performance Based Navigation (PBN). Kemenhub akan melanjutkan dengan asesmen lainnya sebelum mengeluarkan rekomendasi untuk pengelola bandara.

Proses pembangunan Bandara Nusantara terus menunjukkan kemajuan signifikan. Saat ini, runway yang tersedia sudah mencapai 2.200 x 30 meter. Pembangunan terminal VVIP telah mencapai lebih dari 90 persen, sedangkan terminal VIP hampir rampung dengan progress sekitar 80 persen.

Fasilitas pendukung seperti tower ATC, gedung administrasi dan operasional, serta Gedung PKP-PK juga terus dikebut. Sementara itu, jalan akses utama bandara hampir siap 100 persen, yang akan mendukung akses dari dan menuju bandara.

Melihat perkembangan ini, Menhub optimis bahwa Bandara Nusantara akan selesai dibangun pada 31 Desember 2024. (*)

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network