KH Nasaruddin Umar, Tokoh Asal Bone Jabat Menteri Agama

Kastolani Marzuki
Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar bersama Paus Fransiskus, baru-baru ini dilantik sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Merah Putih 2024 - 2029. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Kepakaran KH Nasaruddin Umar dalam bidang agama tidak perlu diragukan, terutama dalam pendidikan dan dialog antaragama. Kini dipercaya Presiden Prabowo Subianto sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Setelah dilantik, Nasaruddin Umar meminta dukungan doa dari masyarakat agar Kementerian Agama dapat membawa ketenangan, kesejukan, dan kedamaian bagi bangsa.

“Kami memohon doa kepada seluruh masyarakat agar melalui Kementerian Agama, masyarakat kita bisa lebih tenang, lebih sejuk, dan lebih damai, sambil membangun peradaban dan masa depan bangsa yang lebih kokoh dan konstruktif,” ujar Nasaruddin usai dilantik, Senin (21/10/2024).

Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar lahir di Ujung, Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, pada tahun 1959. Menurut laman Kementerian Agama, ia menempuh pendidikan sekolah menengah pertama hingga menengah di Pesantren As’adiyah, Sengkang, Wajo, sebelum melanjutkan studi di Fakultas Syariah, IAIN Alauddin Ujung Pandang pada 1980-an.

Kecerdasan dan dedikasinya membawanya lulus sebagai mahasiswa teladan. Ia melanjutkan studinya di IAIN/UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan meraih gelar magister (1992) dan doktor (1998) dengan predikat terbaik.

Disertasinya mengenai Perspektif Gender dalam Alquran membuatnya dinobatkan sebagai alumni terbaik oleh UIN Syarif Hidayatullah. Selama studinya, ia menjadi mahasiswa tamu di Universitas McGill, Montreal, Kanada (1993-1994), Universitas Leiden, Belanda (1994-1995), dan Universitas Sorbonne (1995).

Setelah mendapatkan gelar doktor, Nasaruddin juga menjadi sarjana tamu di Sophia University, Tokyo (2001), School of Oriental and African Studies, University of London (2001-2002), Georgetown University, Washington DC (2003-2004), dan Universitas Sorbonne Nouvelle-Paris III. Saat ini, sebagai Guru Besar di UIN Syarif Hidayatullah, ia aktif membimbing mahasiswa dalam penulisan skripsi, tesis, dan disertasi.


KH Nasaruddin Umar pernah menjabat Wakil Menteri Agama dan syarat pengalaman internasional. (Foto: Ist)
 


Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network