6 Fakta Kalau Media Massa Mampu Mempengaruhi Pemilu Presiden AS

Andika Hendra Mustaqim
Media massa mampu memiliki pengaruh besar pada pemilu Presiden AS. Foto/X/@VP

2. Dukung Mendukung sejak 1860

Dukungan surat kabar di AS bermula dari dukungan Chicago Tribune terhadap Abraham Lincoln pada tahun 1860.

The Post memulai tradisi dukungannya 48 tahun yang lalu ketika menyuarakan dukungannya terhadap Demokrat Jimmy Carter. Penerbit dan CEO-nya, William Lewis, mengatakan minggu lalu bahwa surat kabar tersebut, mulai sekarang, akan berhenti mendukung kandidat dan kembali ke tradisi tidak mendukung.

"Kami sudah melakukannya sebelum itu, dan inilah yang akan kami lakukan," kata Lewis.

LA Times menangguhkan dukungan presiden dari tahun 1976 hingga 2004. Namun pada tahun 2008, mereka mendukung Demokrat Barack Obama dan terus melakukannya sejak saat itu.

Beberapa media telah mengurangi praktik tersebut. The New York Times, misalnya, tidak lagi membuat dukungan negara bagian dan lokal

Namun, hal itu terus berlanjut dalam pemilihan nasional.

Meskipun tidak ada penghitungan resmi dukungan surat kabar, Fox News yang condong ke Partai Republik dan media lain memperkirakan bahwa hampir 80 surat kabar telah mendukung Harris sementara kurang dari 10 mendukung Trump dalam masa menjelang pemilihan ini.

Trump memang memperoleh dukungan dari The Washington Times dan New York Post, tabloid milik raja bisnis Australia-Amerika Rupert Murdoch. Harris, pada bagiannya, memperoleh dukungan dari The New York Times, The Boston Globe, majalah Rolling Stone, dan The Philadelphia Inquirer, di antara yang lain.

3. Berdalih sebagai Panduan

Surat kabar membenarkan dukungan sebagai "layanan" bagi pembaca, yang menurut mereka, mereka memberikan panduan yang terinformasi berdasarkan analisis cermat terhadap kandidat.

Dukungan menandakan sikap ideologis surat kabar tetapi juga dianggap sebagai pendapat ahli dan indikator kualitas kandidat.

Dalam pernyataannya, Lewis, CEO Post, menggambarkan keputusan surat kabar untuk tidak mendukung Harris sebagai "pernyataan yang mendukung kemampuan pembaca kami untuk mengambil keputusan sendiri tentang hal ini, keputusan paling penting di Amerika – siapa yang akan dipilih sebagai presiden berikutnya".

Dominic Wring, profesor komunikasi politik di Universitas Loughborough, Inggris, mengatakan dukungan surat kabar memainkan peran penting dalam membentuk opini publik hingga saat ini.

"Media tidak memberi tahu kita apa yang harus dipikirkan, tetapi mereka menunjukkan apa yang harus kita pikirkan," katanya kepada Al Jazeera. "Kisah ini menunjukkan cara merek media yang mapan, meskipun dalam lanskap media yang sangat terfragmentasi, menarik kesetiaan dan minat publik yang terlibat."

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network