Mampukah Beli Mobil Yang Bergaji UMR? Mampu, Begini Hitung-hitungannya

Tangguh Yudha
Untuk yang bergaji UMR, sebenarnya bisa membeli mobil asalkan disiplin dan mampu mengelola keuangan. (Foto : iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bisakah direalisasikan yang bergaji upah minimum regional (UMR) membel mobil? Sangat bisa asalkan disiplin dan mampu mengelola keuangan.

Lantas, bagaimana cara beli mobil untuk gaji UMR?

1. Sisihkan Tabungan Setiap Bulan

Cara menabung untuk beli mobil bisa dilakukan dengan menyisihkan tabungan setidaknya 30 persen lalu tambah jumlah tabungan saat mendapat Tunjangan Hari Raya atau bonus tahunan. Sisihkan gaji UMR minimal Rp1 juta per bulan.

Fokuslah pada kebutuhan wajib dan kurangi pengeluaran yang tidak penting. Misalnya, nongkrong di cafe atau membeli alat-alat yang tidak diperlukan.

2. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan Gaji UMR

Memilih mobil murah Low Cost Green Car ( LCGC) atau jika tidak mau terbebani bisa memilih mobil bekas. Saat ini, ada banyak mobil bekas di pasaran. Sabar dan teliti ketika membeli, bukan tidak mungkin akan mendapat unit yang masih gres.

3. Cari Penghasilan Tambahan

Carilah penghasilan tambahan. Misalnya, membuka usaha kecil-kecilan yang hasilnya bisa menambah tabungan untuk beli mobil. Saat ini usaha cukup mudah dilakukan, bisa dengan cara online, bahkan bisa tanpa modal sebagai dropshipper.

4. Membeli dengan Cara Kredit

Opsi kredit menjadi cara cepat membeli mobil. Saat ini ada banyak lembaga pembiayaan yang bisa memudahkan memiliki mobil dengan cara kredit dengan tenor yang ditawarkan sangat beragam.

Tapi perlu diketahui semakin panjang tenor, semakin besar bunganya. Agar tidak memberatkan, pilih tenor paling sedikit dengan uang muka lebih besar. Idealnya minimal setengah dari harga mobil.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network