Mampukah Beli Mobil Yang Bergaji UMR? Mampu, Begini Hitung-hitungannya

Tangguh Yudha
Untuk yang bergaji UMR, sebenarnya bisa membeli mobil asalkan disiplin dan mampu mengelola keuangan. (Foto : iNews.id)

Itulah cara agar bisa membeli mobil meskipun gaji UMR. Untuk memastikan lagi apakah penghasilan cukup buat membeli mobil secara kredit bisa dengan melakukan simulasi perhitungan. 

Simulasi kredit mobil gaji UMR Misal, dengan penghasilan Rp 5 juta, jumlah aman yang bisa dialokasikan untuk kredit maupun utang adalah 30 persen. Berarti 5 juta x 30 persen = Rp 1,5 juta. 

Sebagai catatan tidak ada utang lain. Jadi jumlah uang inilah yang akan dialokasikan untuk membayar cicilan kredit. Selanjutnya, hitunglah berapa harga mobil yang bisa dicicil dengan bujet sekitar Rp 1,5 jutaan.

Sebagai contoh, mobil seharga Rp110 juta. Mengacu pada Surat Edaran BI No.15/40/DKMP 2013, uang muka yang perlu dibayarkan minimal 25 persen dari harga mobil atau dalam hal ini sebesar Rp 27,5 juta. Namun, jika membayar uang muka pada batas minimum, utang pokok kredit menjadi Rp 82,5 juta.

Menggunakan tenor 4 tahun agar bisa menyicil dengan budjet yang dialokasikan, yaitu Rp 1,5 juta, minimal siapkan yang muka sebesar Rp 70 juta. Dari simulasi di atas, uang yang perlu disiapkan untuk membayar cicilan tiap bulannya adalah sebesar Rp1.445.000 atau Rp1,5 jutaan.

Apabila jumlah tersebut dirasa tidak akan mengganggu stabilitas keuangan, maka aman untuk membeli mobil.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Cara Beli Mobil untuk Gaji UMR, Begini Hitungannya ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/niaga/cara-beli-mobil-untuk-gaji-umr/all.

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network