Manajemen Transportasi Selama Mudik 2022, Begini Rekayasa Lalu Lintas

Kiswondari
Pemerintah siapkan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar mudik Lebaran 2022. (Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Direktur Lalu Lintas Jalan Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Cucu Mulyana mengatakan pihaknya telah menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas untuk mudik Lebaran 2022. Hal itu diungkapkan Cucu Mulyana dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri sebagai persiapan mudik Lebaran 2022.  

"Kami telah menyiapkan rekayasa lalu lintas melalui pengaturan angkutan muatan barang, kemudian pengaturan jalan tol satu arah mulai dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, serta penerapan peraturan ganjil-genap di jalan tol secara bersamaan," kata Cucu dalam rapat dikutip Sabtu kemarin.

Kemudian, Cucu melanjutkan, pemerintah juga melakukan sosialisasi penggunaan jalur pantai selatan sebagai alternatif arus lalu lintas mudik di wilayah selatan Pulau Jawa sehingga kepadatan arus mudik nantinya dapat terpecah dan tidak hanya di jalur Pantai Utara Pulau Jawa saja.

Selain itu, sambung dia, pengaturan manajemen transportasi juga dilakukan pada jalur laut dan udara. Pada jalur laut ini, adanya penambahan jumlah armada angkutan kapal penumpang serta penerapan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk mengalihkan kepadatan lalu lintas di jalur darat.

Sedangkan, kata Cucu, pengaturan manajemen transportasi pada jalur udara dilakukan penambahan jadwal penerbangan pada rute-rute yang diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang seperti Rute Jakarta (CGK)-Bali (DPS). “Tak hanya itu, pemerintah juga memastikan ketersediaan tiket transportasi umum mudik lebaran tahun ini,” imbuhnya.
Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan bahwa setelah 2 tahun ditiadakan mudik, maka sangat penting untuk tetap memprioritaskan keselamatan dengan melaksanakan pengecekan kelaikan alat transportasi yang akan digunakan serta operatornya.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network