Cara Mengatasi Masuk Angin akibat Perut Kosong

Muhammad Sukardi
Cara Mengatasi Masuk Angin akibat Perut Kosong. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Masuk angin akibat perut kosong adalah salah satu masalah yang banyak dikeluhkan, terlebih saat berpuasa seperti sekarang. Kondisi tersebut kerap membuat perut terasa tidak nyaman ataupun badan terasa tidak fit. Lantas bagaimana cara mengatasi masuk angin akibat perut kosong?

Masuk angin sendiri sejatinya tidak dikenal di dunia medis. Namun, beberapa ahli meyakini bahwa masuk angin adalah kumpulan gejala dari sejumlah penyakit tertentu. Dibutuhkan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui gangguan kesehatan yang sebenarnya terjadi.

Menurut Kementerian Kesehatan, masuk angin adalah kondisi saat banyak gas berkumpul di dalam tubuh secara tidak merata. Keadaan itu juga bisa disebut maag, yang biasanya disebabkan oleh adanya tekanan asam lambung pada saraf di organ pencernaan. Maag tersebut bisa muncul bila perut dibiarkan kosong berjam-jam. Alhasil produksi asam lambung meningkat dan itu yang kemudian membuat Anda merasa mual atau ingin muntah.

Perut kosong yang dibiarkan lama pun bisa menyebabkan kembung. Kondisi ini disebabkan karena adanya kandungan gas atau angin yang berkumpul dalam perut secara tidak wajar.

Jika terus dibiarkan, kandungan gas akan semakin bertambah dan akibatkan perut semakin keras dan terasa sangat tidak nyaman.

Nah, bagaimana cara mengatasi masuk angin akibat perut kosong?

1. Pastikan mengonsumsi makanan bergizi

Jika masalah ini berkaitan dengan puasa, maka solusi yang ditawarkan adalah berbuka dengan makanan bergizi. Disarankan memperbanyak asupan vitamin C. Vitamin ini dapat menjadi antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri. Vitamin C banyak didapat dari brokoli, kembang kol, tomat, kiwi, pepaya, bayam, serta buah-buahan sitrus seperti jeruk.

2. Minum banyak air putih

Perut Anda memang terasa tidak nyaman, tapi itu bukan alasan buat Anda untuk tidak minum air putih secara cukup. Bagaimana pun tubuh tetap harus terhidrasi dan itu juga yang menentukan apakah Anda sehat atau tidak. Tubuh yang terhidrasi dengan baik pun terbukti dapat lebih cepat melawan penyakit. Tak hanya itu, menghidrasi tubuh juga bisa membantu menstabilkan suhu badan yang mungkin terjadi karena Anda masuk angin.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network