3 Kebijakan Presiden Jokowi Antisipasi Kemacetan Arus Balik Lebaran

Carlos Roy Fajarta
Pemerintah memberlakukan tiga kebijakan untuk mengantisipasi kemacetan arus balik Lebaran 2022 pada akhir pekan ini. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mengantisipasi potensi kemacetan arus balik, pemerintah akan memberlakukan tiga kebijakan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut puncak arus balik Lebaran 2022 diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022.

Hal tersebut disampaikannya dalam live streaming terkait "Arus Balik Lebaran" di Gedung Agung, Istana Yogyakarta pada Selasa (3/5/2022) sore. "Sekali lagi, pemerintah akan selalu berupaya yang terbaik untuk masyarakat termasuk mengatur arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan," ujar Jokowi.

Dia menyebutkan tiga kebijakan yang akan diterapkan secara situasional oleh jajaran pemerintah terkait yakni ganjil genap (Gage), satu arah (One Way), dan larangan truk masuk tol.

"Kebijakan ganjil genap, aturan satu arah atau one way, dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan, semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman. Demikian yang bisa saya sampaikan, terima kasih," kata Joko Widodo. 

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi menyebutkan mudik Lebaran tahun ini diikuti begitu banyak orang.  "Setidaknya 85,5 juta orang, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini. Banyak sekali," kata Jokowi dalam akun media sosialnya.

Karena Jokowi mengimbau masyarakat yang mudik agar perjalanan kembali dari kampung halaman dilakukan lebih awal. 

"Jangan bersamaan pada Sabtu atau Minggu untuk menghindari kemacetan di jalan tol, jalan nasional, maupun pelabuhan di Merak-Bakauheni," tutur Joko Widodo. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Jokowi Berlakukan 3 Kebijakan Ini untuk Antisipasi Kemacetan Arus Balik Lebaran ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/jokowi-berlakukan-3-kebijakan-ini-untuk-antisipasi-kemacetan-arus-balik-lebaran.

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network