Cara Memasak Daun Kelor Yang Benar, Sehat Dan Segar Untuk Sehari-hari

Siska Permata Sari
Cara memasak daun kelor yang benar (Foto: Instagram@catatan.jsr)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Cara memasak daun kelor yang benar tidak terlalu sulit untuk diolah menjadi menu sehari-hari. Seperti diketahui, daun kelor kerap dijadikan berbagai menu masakan sayuran yang lezat dan menyehatkan.

Sebab, daun kelor mengandung nutrisi yang menyehatkan, seperti vitamin C, beta-karoten, antioksidan, hingga zat quercetin. Oleh karena itu, mengonsumsi dauh kelor dapat memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti mempertajam penglihatan, baik bagi ibu hamil dan menyusui, hingga menghambat tumbuhnya sel kanker.

Terlepas dari berbagai manfaatnya, penting untuk mengetahui cara memasak daun kelor yang benar. Sebab, kalau kurang tepat, rasa daun kelor bisa pahit dan kurang sedap untuk disantap.

Lantas, bagaimana sih cara memasak daun kelor yang benar? Berikut langkah-langkahnya disertai resep, seperti dirangkum pada Kamis (9/6/2022).

Langkah pertama untuk memasak daun kelor yang benar adalah dengan mencuci hingga bersih sebelum dimasak. Ini penting untuk kebersihan dan higienitas.

Ambil daunnya saja

Untuk memasak sayur daun kelor, ambil atau petik daun kelornya saja, kalau bisa yang masih muda. Kemudian bisa diolah menjadi masakan.

Gunakan daun kemangi

Saat memasak daun kelor, campurkan dengan bahan lain agar tak terlalu pahit. Misalnya, menggunakan daun kemangi agar daun kelor tidak pahit.

Rebus bersama bahan-bahan lain

Setelah itu, cara memasak daun kelor yang benar lainnya adalah olah dengan cara panaskan air hingga mendidih. Lalu, masukkan serta haluskan bawang putih, tambahkan garam, dan bubuk penyedap secukupnya. Setelah itu, masukkan daun kelor dan daun kemangi, masak hingga matang.

Resep sayur daun kelor

Anda bisa mengikuti resep sayur daun kelor berikutnya:

Bahan memasak daun kelor:

1,6 liter air
8 butir bawang merah, iris halus
5 cm temu kunci
2 lembar daun salam
150 g jagung manis
160 g daun kelor
1 1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir

Cara membuat:

1. Cara memasak daun kelor yang benar pertama, didihkan air dalam panci. Masukkan bawang merah, temu kunci, dan daun salam. Rebus dengan api sedang hingga harum.
2. Setelah itu, masukkan jagung pipil dan masak hingga matang.
3. Tambahkan daun kelor, garam, dan gula pasir, aduk rata. Masak hingga daun kelor layu.
4. Jika sudah selesai, angkat lalu sajikan. Selamat mencoba! (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network