3 Sumber Kekayaan Pendiri EMTEK, Eddy Kusnadi Sariaatmadja, Kini Berharta Rp43 T

Ratih Ika Wijayanti/SEO
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 11:16 WIB
3 Sumber Kekayaan Eddy Kusnadi Sariaatmadja. (Foto: emtek.co.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Sumber Kekayaan Pendiri PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek), Eddy Kusnadi Sariaatmadja berasal dari berbagai bisnis yang dijalankannya. Eddy Kusnadi Sariaatmadja merupakan salah satu pengusaha yang sukses di industri pertelevisian dan media.

Berdasarkan catatan Forbes, kekayaan Eddy Kusnadi mencapai USD2,9 miliar atau setara dengan Rp43 triliun. Tak heran jika Eddy Kusnadi Sariaatmadja berhasil menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia menempati posisi ke-13. 

Lantas, dari mana saja sumber kekayaan Eddy Kusnadi Sariaatmadja? Dari berbagai sumber, merangkum beberapa daftarnya sebagai berikut. 

3 Sumber Kekayaan Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy Kusnadi Suryaatmadja merupakan pendiri PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek). Grup bisnis ini merupakan sebuah perusahaan penyedia layanan komputer yang berkembang menjadi kelompok perusahaan modern dan terintegrasi dengan tiga divisi utama yakni media, telekomunikasi dan solusi TI, serta konektivitas. Eddy Kusnadi mendirikan Emtek pada tahun 1983 sebagai distributor komputer Compaq eksklusif di Indonesia. Sebagai pendiri, ia memiliki saham mayoritas di grup bisnis ini. 

Berdasarkan informasi di laman resmi Emtek, perusahaan induk Emtek berhasil melakukan Penawaran Saham Perdana sebanyak 10% dari jumlah modal disetor di Bursa Efek Indonesia pada 12 Januari 2010 lalu.

Dari proses ini, Emtek mendapatkan dana segar yang cukup fantastis untuk pengembangan investasi usahanya. Dengan kata lain sumber kekayaan seorang Eddy Kusnady berasal dari grup bisnis ini. Adapun beberapa divisi dari grup bisnis ini antara lain sebagai berikut. 

1. Media

Di bidang media, Grup Emtek memiliki beberapa perusahaan yang menaungi saluran televisi antara lain SCTV, Indosiar, dan O Channel. Keluarga Eddy menguasai saham SCTV mencapai 78,69%. Di bawah kepemimpinan Eddy, aset yang dimiliki PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) yang menaungi SCTV mampu meraih keuntungan hingga senilai Rp1,82 triliun dengan penjualan bersih mencapai Rp1,2 triliun pada 2006. Pada tahun sebelumnya, Eddy membeli saham SCTV dan mayoritas kepemilikan Surya Citra Media berada di tangan Eddy.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini