get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa S3 Cabuli Mahasiswi Setelah Ancam Sebar Foto Bugil

9 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan Dunia Kerja, Silakan Pilih Bila Tidak Ingin Nganggur

Kamis, 07 Juli 2022 | 23:34 WIB
header img
Pililah jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan didunia kerja. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ketika memutuskan untuk kuliah, seorang calon mahasiswa seharusnya memprioritaskan memillih jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja menjanjikan dan paling dibutuhkan di dunia kerja.

1. Kedokteran

Munculnya banyak virus dan penyakit saat ini membuat jurusan kedokteran menjadi jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Saat ini, sangat dibutuhkan banyak tenaga medis untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Sudah menjadi rahasia umum jurusan kedokteran menjadi fakultas favorit di setiap kampus, peminatnya pun selalu naik setiap tahun. Pendapatan seorang dokter terbilang sangat besar dan menjanjikan, apalagi di masa mendatang di mana jasa seorang dokter sangat dibutuhkan di manapun.

Universitas terbaik dengan jurusan kedokteran, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, dan Universitas Airlangga.

2. Teknik Informatika

Kini semua lini sudah beralih menjadi seba digital. Perkembangan ilmu komputer yang sangat pesat membuat lulusan ini akan banyak dicari oleh perusahaan. Profesi seperti programer dan sejenisnya akan dibutuhkan di dunia kerja.

Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu ITS, ITB, Teklom U, Atmajaya, Esa Unggul, UKP, Pers U, dan Binus. Politeknik terbaik dengan jurusan ini yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Politeknik Negeri Bandung.

3. Arsitektur

Arsitek memiliki segudang kelebihan dibanding profesi lainnya, di antaranya adalah mampu menerjemahkan keinginan serta perkataan klien dan menuangkannya ke dalam desain dan mampu merancang desain yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, kondisi lahan dan budget yang dimiliki.

Hal ini sangat berbanding lurus dengan pesatnya bidang pembangunan di dalam negeri. Oleh karena itu, arsitek pun menjadi jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu UB, UGM, UNS, Undip, dan Unsri.

4. Ilmu Pendidikan

Berkurangnya tenaga pendidik juga berpengaruh bagi bangsa. Jurusan ini nantinya akan menghasilkan banyak lulusan tenaga pendidik yang akan mencerdaskan bangsa.

Tentunya hal ini sangat dibutuhkan untuk dunia kerja ke depan. Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu UNY, UM, UNJ, UPI, Unesa, UNM, dan Unnes.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut