get app
inews
Aa Read Next : Tips Jitu Pilih Hewan Kurban Versi Pakar Peternakan Universitas Gajah Mada

HIKMAH JUMAT : Makna dan Hikmah Ibadah Kurban

Jum'at, 08 Juli 2022 | 06:00 WIB
header img
Bagi ummat Islam yang memiliki kemampuan untuk berkurban, disunnahkan bahkan diwajibkan untuk berkurban. (Foto : Ist)

5.  Memberdayakan ekonomi ummat.

Setiap syariat yang diajarkan dalam Islam, pasti akan memberikan dampak positif tidak hanya untuk individu pelakunya, tetapi juga untuk masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Setiap ummat Islam yang menjalankan syariat dengan tepat, maka dia tidak hanya menjadi shalih secara individual, namun juga shalih secara sosial.

Begitu pula dengan ibadah kurban. Makna dan hikmah dari ibadah kurban tidak hanya dirasakan oleh individu yang melaksanakannya, namun juga oleh lingkungan di sekitarnya. Daging dari hewan sembelihan didistribusikan kepada masyarakat sekitar, sehingga semuanya merasakan suka cita idul adha.

Lebih dari itu, ibadah kurban juga memberikan dampak positif lainnya yakni memberdayakan ekonomi ummat. Dengan adanya ibadah kurban, maka para peternak hewan kurban juga mendapatkan keuntungan secara ekonomi. Jerih payah merawat dan memelihara hewan ternaknya, terbayar dengan adanya idul kurban.

Begitulah sejatinya ummat Islam, senantiasa memberikan manfaat dan kebaikan dimana pun mereka berada. Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Ahmad, Ath-Thabrani, Ad-Daruqutni).

Begitu besar makna dan hikmah ibadah kurban. Bagi ummat Islam yang memiliki kemampuan untuk berkurban, disunnahkan bahkan diwajibkan untuk berkurban. Jangan sia-siakan kemampuan dan kesempatan yang telah Allah berikan. Penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan tidak hanya pada tanggal 10 Dzulhijjah, namun dapat pula dilakukan pada hari-hari tasyrik.

Selamat hari raya idul adha 1443 H. Semoga Allah menerima ibadah kurban kita semua. Aamiin.           

Wallahu a’lam bish-shawab.


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : Dok Pribadi)

          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut