get app
inews
Aa Read Next : Kepolisian Jepang Aku Gagal Kawal Shinzo Abe

Siapa Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang Terlama Meninggal Ditembak

Sabtu, 09 Juli 2022 | 16:18 WIB
header img
Mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe meninggal setelah ditembak dengan senjata rakitan, Jumat (8/7/2022). Foto/Ilustrasi

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Dunia internasional tersengat saat mendengar kabar mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe ditembak saat berkampanye. Belum hilang rasa kaget itu, kabar duka datang.

Shinzo Abe meninggal dunia karena luka-luka akibat penembakan tersebut. Shinzo Abe meninggal dalam usia 67 tahun setelah ditembak pria, diketahui bernama Tetsuya Yamagami (41), dengan senjata rakitan. Ia ditembak dari belakang saat berkampanye untuk pemilihan parlemen di prefektur Nara.

Siapakah Shinzo Abe? Berikut adalah profil pria kelahiran 21 September 1954 itu yang dirangkum dari sejumlah sumber.

Lahir di Tokyo pada tahun 1954, Abe dilahirkan dalam keluarga yang menonjol secara politik dan kaya. Ayahnya Shintaro Abe adalah menteri luar negeri, paman buyutnya Eisaku Sato adalah perdana menteri, seperti kakeknya, Nobusuke Kishi. Dia bergabung dengan ayahnya politisi Shintaro Abe sebagai sekretaris.

Setelah kematian ayahnya, yang menjabat sebagai menteri luar negeri Jepang, Abe terjun ke politik elektoral pada tahun 1993 dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan – majelis rendah parlemen Jepang, yang secara lokal dikenal sebagai Diet.

Ia juga sempat menjabat sebagai Sekretaris Jenderal LDP (Partai Demokratik Liberal) dan Sekretaris Pribadi Ketua Dewan Umum LDP. Ia menjadi perdana menteri termuda Jepang saat pertama kali menjabat pada tahun 2006 pada usia 52 tahun. Namun pada tahun 2007 ia tiba-tiba mengundurkan diri karena penyakit radang usus parah.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut