get app
inews
Aa Read Next : Mattompang Arajang, Sebuah Ritual Sakral Sucikan Benda Pusaka Kerajaan Bone

Misteri, Suku Oni Manusia Hobbit Di Bone Memiliki Kekuatan Gaib

Selasa, 19 Juli 2022 | 06:41 WIB
header img
Suku Oni merupakan pribumi asli Kabupaten Bone yang dulunya bekerja membangun pada zaman kerajaan. (Foto/Ilustrasi : sofpedia)

WATAMPONE, iNewsSerpong – Kisah  legenda urban di Indonesia masih terus berlanjut di zaman serba digital ini. Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan dengan terekamnya sesosok misterius di hutan Aceh, yang disebut sebagai Suku Mante.

Saat itu, makhluk misterius yang tidak mengenakan pakaian dan tengah membawa kayu terekam oleh komunitas motor trail. Seperti di Aceh, wilayah Bone Sulawesi Selatan, juga mempunyai kisah manusia kerdil atau dikenal sebagai Suku Oni.

Dikisahkan dari beragam sumber, Suku Oni merupakan pribumi asli Kabupaten Bone yang dulunya bekerja membangun pada zaman kerajaan. Suku Oni disebut sangat lincah dan kuat, mereka tinggal di hutan belantara serta hidup secara alami di dalamnya.

Keberadaan Suku Oni di Bone, ditemukan di Dusun Dekka, Desa Mappasengka Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, sekitar 60 km dari kota Watampone. Sejumlah warga Desa Mappesangka mengaku pernah berjumpa dengan sejumlah orang yang tingginya hanya sekitar 70 sentimeter di kawasan hutan Tanjung Palette.

Meskipun cerita tersebut masih bisa belum dibuktikan kebenarannya, warga sekitar pegunungan Bone menjuluki mereka sebagai mahluk setengah siluman. Karena sangat sulit untuk ditemui dan bisa menghilang dalam hutan belantara.

Kendati demikian, ada juga warga yang menganggapnya sebagai mahluk biasa yang sama dengan manusia pada umumnya. Namun, secara fisik ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan manusia normal.

Konon, Suku Oni bisa dipancing keluar tempat persembunyiannya dengan menggunakan buah pisang yang diletakkan di mulut gua. Namun, sejumlah orang mencoba dan hasilnya sia-sia. Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa Suku Oni benar-benar ada. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut