get app
inews
Aa Read Next : Paramount Land Patok Pendapatan Rp5,7 Triliun, Sasar Sektor Kesehatan dan Hotel

Desa-Desa Terkaya di Indonesia, No1 Pendapatan Hingga Rp50 Miliar per Tahun

Senin, 25 Juli 2022 | 15:14 WIB
header img
Intip 5 Desa Terkaya di Indonesia, Pendapatan Hingga Rp50 Miliar (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Jangan anggap desa-desa di Indonesia tertinggal, ternyata ada juga yang mampu memperoleh pendapatan hingga miliaran rupiah per tahun.

Hal itu mampu diperoleh dari hasil memanfaatkan kekayaan alam yang ada di desa dengan mengolahnya menjadi destinasi wisata. Tak sedikit wisatawan mancanegara yang berkunjung ke desa-desa tersebut.

Lantas, apa saja desa terkaya di Indonesia? Berikut telah kami himpun informasinya dari berbagai sumber.

1. Desa Kutuh

Desa terkaya di Indonesia yang pertama ialah Desa Kutuh yang terletak di Kuta Selatan, Badung, Bali. Desa tersebut mampu memperoleh pendapatan hingga Rp50 miliar yang dihasilkan dari sektor pariwisata.

Jika Anda berkunjung ke desa tersebut maka Anda akan disuguhi berbagai macam wisata seperti Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, dan lain sebagainya.

2. Desa Bendar

Selanjutnya ada Desa Bendar yang terletak di Juwana, Pati, Jawa Tengah. Bukan tanpa alasan jika desa tersebut menjadi salah satu desa terkaya di Indonesia. Pasalnya masyarakat disana mayoritas bekerja sebagai nelayan. Oleh sebab itu desa Bendar mampu memperoleh penghasilan sekitar Rp80 juta hingga Rp100 juta per bulan. Jika Anda berkunjung ke desa Bendar jangan heran jika para warganya memiliki sederet rumah mewah.

3. Desa Ponggok

Desa yang terletak di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini berhasil mengembangkan potensi pariwisatanya dengan memperoleh pendapatan desa hingga Rp14 miliar per tahun. Hal tersebut yang membuat desa Ponggok menjadi salah satu desa terkaya di Indonesia. Perlu Anda ketahui jika desa ini dulu hanyalah sebuah desa terpencil  yang memiliki pendapatan sebesar Rp80 juta saja per tahun.

4. Desa Teluk Meranti

Selanjutnya ada Desa Teluk Meranti yang masuk dalam jajaran desa terkaya di Indonesia. Bagi wisatawan mancanegara ombak Bono di Sungai Kampar, Teluk Meranti, Riau menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat diincar oleh para peselancar lokal maupun internasional.

5. Desa Waturaka

Pada tahun 2017 desa ini pernah dinobatkan sebagai Desa Wisata Alam Terbaik. Oleh sebab itu desa Waturaka menjadi salah satu desa terkaya di Indonesia. Bukan tanpa alasan, pasalnya desa yang terletak di Kecamatan Kelimutu Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini mampu mengoptimalkan keindahan serta daya tarik ekowisata yang ada di desa tersebut. Sehingga desa Waturaka menjadi salah satu desa tujuan wisata para pelancong lokal hingga mancanegara.

Itulah sederet desa terkaya di Indonesia yang bisa jadi referensi tujuan wisata Anda. Semoga bermanfaat.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut