get app
inews
Aa Read Next : Aming Ubah Penampilan Jadi Macho, Bukan karena Hijrah

HIKMAH JUMAT : Anda Mau Hijrah Kemana?

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 06:37 WIB
header img
Apakah hijrah masih relevan dengan kondisi saat ini? Hijrah di bidang digital. (Foto/Ilustrasi : Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma & Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina

SAAT ini kita tengah berada di pekan pertama bulan Muharram 1444 H. Penulis teringat dengan kisah nyata yang dialami sendiri pada tahun 1427 H.

Waktu itu hari Jum’at bertepatan dengan tanggal 4 Muharram 1427 H atau 3 Pebruari 2006. Penulis akan melakukan shafar dari Serang menuju Kota Kembang menggunakan kendaraan umum.

Penulis menunggu bis yang menuju ke Kota Kembang di depan deretan ruko-ruko menjelang pintu masuk tol Serang. Sayangnya, ruko-ruko tersebut kini sudah tidak ada lagi seiring dengan pembangunan di Kota Serang.

Pada saat menunggu bis, datanglah seorang pedagang koran dan menawarkan korannya. Karena satu dan lain hal, penulis menolak membeli koran tersebut. Akhirnya pedagang koran tersebut pergi meninggalkan.

Namun, tidak lama kemudian pedagang tersebut datang kembali. Dia menawarkan kembali korannya kepada penulis bahkan dengan penawaran khusus yakni diberikan diskon dari harga normal.

Penulis tetap menolak tawaran tersebut, namun dia tetap menawarkan dan setengah memaksa supaya membeli korannya. Akhirnya dengan terpaksa membeli koran tersebut.

Tidak lama setelah itu, bis menuju Kota Kembang pun datang. Penulis bersama calon penumpang yang lain, bergegas untuk naik dan masuk ke dalam bis.

Setelah mendapatkan tempat duduk, kemudian penulis melihat-lihat halaman demi halaman koran yang dibeli dengan harga khusus tadi. Koran tersebut adalah sebuah koran nasional islami yang berinisial R.

Setelah halaman dami halaman dibuka, tibalah di bagian tengah dari koran tersebut. Penulis pun menemukan sebuah suplemen khusus hari Jum’at dengan judul kurang lebih: “Anda Mau Hijrah Kemana?”

Sebuah judul yang menarik untuk dibaca lebih lanjut saat itu. Oleh karenanya, izinkan penulis menggunakan pertanyaan tersebut menjadi judul bahasan hikmah Jum’at kita pekan ini.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut