Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Ariedwi Satrio
.
Jum'at, 12 Agustus 2022 | 14:40 WIB
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri menjelaskan OTT KPK. (Foto Antara).

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo (MAW) terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tim penindakan komisi antirasuah juga Kepala Dinas (Kadis), Sekretaris Daerah (Sekda), hingga pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang. 

Ada 34 orang yang diamankan dalam operasi senyap tersebut. "Sejauh ini jumlah yang diamankan ada sekitar 34 orang yang terdiri dari bupati, kepala dinas, sekda, kabid dan pejabat lain dilingkungan Pemkab Pemalang," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Jumat (12/8/2022). 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Agung Mukti bersama 22 orang lainnya diamankan di Jakarta, Kamis, 11 Agustus 2022. Mereka langsung dibawa ke Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, untuk dilakukan pemeriksaan. Sebelas pihak lainnya, diduga diamankan di luar Jakarta. 

Mukti Agung dan sejumlah pihak ditangkap karena diduga terlibat dalam berbagai praktek suap mulai dari pengadaan barang dan jasa hingga lelang jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang. Saat ini tim KPK masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap pihak-pihak yang diamankan dalam OTT di Jakarta dan Pemalang. 

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan. "Saat ini tim KPK masih terus melakukan permintaan keterangan dan klarifikasi kepada para pihak yang diamankan dimaksud," tutur Ali.

Editor : Burhan
Bagikan Artikel Ini