get app
inews
Aa Read Next : Ini Penjelasan Ilmiahnya, Ibu Hamil Lebih Sensitif terhadap Bau

Jangan Salah Pilih, Ini Daftar Obat Flu untuk Ibu Hamil

Selasa, 06 September 2022 | 16:46 WIB
header img
Obat flu untuk ibu hamil. (Foto: Ilustrasi)

2. Antihistamin

Obat flu untuk ibu hamil di urutan selanjutnya, ada antihistamin. Obat antihistamin seperti Benadryl dan Claritin juga tergolong aman dikonsumsi sebagai obat flu buat ibu hamil jika penyebabnya adalah alergi. Jangan takut untuk berkonsultasi ke dokter bila Anda terserang flu, agar mendapatkan obat yang tepat.

3. Obat antivirus

Obat flu untuk ibu hamil di urutan terakhir, ada antivirus. Dilansir dari laman CDC, obat antivirus umumnya juga aman diminum ibu hamil saat flu. 

Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter. Selain itu, obat tersebut juga  paling efektif bila diminum ibu hamil dalam kurun waktu 48 jam atau dua hari setelah gejala flu muncul. 

Penelitian dari Clinical Infectious Disease menunjukkan, obat antivirus memiliki manfaat yang lebih besar untuk ibu hamil ketimbang potensi risiko efek sampingnya.

Tak hanya meringankan gejala dan membuat ibu hamil cepat pulih, obat antivirus juga dapat mencegah komplikasi flu serius, seperti pneumonia. Biasanya, dokter sering meresepkan antivirus oseltamivir oral sebagai obat flu untuk ibu hamil.

Nah, itu dia beberapa obat flu untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi. Namun, jika usia kehamilan masih kurang dari 12 minggu, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan sebelum minum obat. 

Sebab, 12 minggu pertama kehamilan merupakan periode kritis dalam perkembangan organ vital janin. Selain itu, sebaiknya hindari minum obat jenis apapun tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Sebab, salah minum obat flu saat hamil justru bisa berbahaya untuk perkembangan janin dalam kandungan.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut