Segini Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II, Tembus Triliunan Rupiah

Novie Fauziah
.
Minggu, 11 September 2022 | 13:17 WIB
Biaya pemakaman Ratu Elizabeth II disebut-sebut bisa tembus mencapai triliunan rupiah. Meski biaya pemakaman tidak akan dilaporkan, tetapi dipastikan mahal. Foto/Getty Images

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Biaya pemakaman Ratu Elizabeth II disebut-sebut bisa tembus mencapai triliunanrupiah. Meski biaya pemakaman Ratu Elizabeth II tidak akan dilaporkan, tetapi itu dipastikan akan memakan biaya yang cukup mahal.

Menurut laporan, pemakaman dan penobatan berikutnya akan menelan biaya produk domestik bruto sekitar 6 miliar pound atau Rp103 triliun. Pemakaman Ratu Elizabeth II kemungkinan akan menjadi pemakaman terbesar dalam sejarah.

Dilansir dari Outkick, Sabtu (10/9/2022) biaya pemakaman Putri Diana setara dengan USD11,8 juta atau Rp174 miliar pada 1997. Pemakaman untuk Ibu Suri Elizabeth menelan biaya lebih dari 5 juta pound atau Rp85 miliar pada 2002.

Mengingat betapa megah dan dicintainya Ratu Elizabeth II, sulit membayangkan biaya pemakamannya lebih murah daripada di masa lalu. Di sisi lain, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis, 8 Agustus 2022 di Kastil Balmoral.

Dia menghembuskan napas terakhirnya di usia 96 tahun dan telah memerintah selama kurang lebih 70 tahun. Hal ini membuat Ratu Elizabeth II jadi raja paling lama memerintah dalam sejarah Inggris.

Kepergian nenek Pangeran William ini tentu saja menjadi hari berkabung nasional. Masyarakat Ingggris merasa kehilang dan akan merenungi meninggalnya pemimpin mereka setidaknya selama 10 hari.

Selama masa berkabung, terdapat sejumlah acara peringatan yang akan diadakan. Jenazah Ratu sendiri rencananya akan disemayamkan di Westminster Hall selama empat hari agar masyarakat bisa memberikan penghormatan.

Kemudian peti mati sang Ratu dapat diakses publik selama 23 jam per hari, sebelum pemakaman berlangsung di Westminster Abbey. Sebanyak 2.000 tamu undangan khusus akan menghadiri pemakaman secara langsung. Sementara jutaan orang akan menonton prosesi di televisi.

Di sisi lain, Ratu Elizabeth II akan dimakamkan berdampingan dengan sang suami tercinta, Pangeran Philip. Pangeran Philip yang meninggal tahun lalu dimakamkan di Royal Vault, di Kastil Windsor. Namun, The Sun melaporkan bahwa jenazahnya akan dipindahkan sehingga dapat dimakamkan berdampingan dengan sang istri.

Selain itu, Istana Buckingham telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempersiapkan meninggalnya sang Ratu. Di mana akan dua pengaturan terpisah yang direncanakan sebelum Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Kematian Ratu di Kastil Balmoral di Skotlandia, maka Operasi Unicorn akan berlangsung. Jika dia lewat di Istana Buckingham, operasi Jembatan London menjadi nama kode prosesnya.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini