get app
inews
Aa Read Next : Al-Quran Tidak Sama dengan Kitab Ilmu Pengetahuan, Quraish Shihab: Segala Pokok Petunjuk Kehidupan

Kumpulan Ayat Alquran tentang Cinta dan Kasih Sayang, Nomor 7 Jomblo Wajib Tahu

Rabu, 14 September 2022 | 09:22 WIB
header img
Ayat Alquran tentang cinta yang bisa dijadikan inspirasi. (Foto: Freepik)

8. Surat An Nisa ayat 1

Ayat Alquran tentang cinta berikut ini menjelaskan bahwa diciptakannya Adam dan Hawa hingga menjadi berkembang biak dan berpasang-pasangan tidak lain untuk bertakwa dan menanamkan kasih sayang antarsesama.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا - ١

Latin: Yaa ayyuhannaasut taquu rabbakamullladzii kholaqokum min nafsiw waahidatin wakholaqo minhaa zaujahaa wa batssa minhumaa rijaalan katsiiro wanisaa a wat taqullahalladzii tasaa aluuna bihii wal arkhaam innallaaha kaana 'alaikum raqiibaa

Artinya: Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu. (QS. An Nisa: 1)

9. Surat An Nisa ayat 4

Ayat Alquran tentang cinta berikutnya yakni laki-laki yang menikahi perempuan dengan memberikan mahar atau maskawin harus diterima dengan senang hati. Hal ini sebutkan dalam ayat Alquran tentang pernikahan berikut ini:

وَاٰتُوا النِّسَاۤءَ صَدُقٰتِهِنَّ نِحْلَةً ۗ فَاِنْ طِبْنَ لَكُمْ عَنْ شَيْءٍ مِّنْهُ نَفْسًا فَكُلُوْهُ هَنِيْۤـًٔا مَّرِيْۤـًٔا - ٤

Wa aatunnisaaa a shodaqootihinna nikhlah wain tibna lakum 'an syaiy in minhu nafsan fakuluuhu haniiian marii aan

Dan berikanlah maskawin (mahar) kepada perempuan (yang kamu nikahi) sebagai pemberian yang penuh kerelaan. Kemudian, jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari (maskawin) itu dengan senang hati, maka terimalah dan nikmatilah pemberian itu dengan senang hati. (QS. An Nisa: 4)

10. Surat Al Furqan ayat 74

Ayat Alquran tentang Cinta lainnya yakni pasangan suami/istri serta anak keturunannya dapat menjadi penyenang hati.

 رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا - ٧٤

Rabbanaa hablanaa min azwaajina wa dzurriyyatinaa qurrota a'yuniw waj'alnaa lil muttaqiina imaama

Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqan ayat 74).

Demikian ulasan mengenai Ayat Alquran tentang Cinta lengkap dengan tulisan Arab, Latin dan artinya.

Wallahu A'lam

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut