get app
inews
Aa Read Next : Al-Quran Tidak Sama dengan Kitab Ilmu Pengetahuan, Quraish Shihab: Segala Pokok Petunjuk Kehidupan

Kumpulan Ayat Alquran tentang Cinta dan Kasih Sayang, Nomor 7 Jomblo Wajib Tahu

Rabu, 14 September 2022 | 09:22 WIB
header img
Ayat Alquran tentang cinta yang bisa dijadikan inspirasi. (Foto: Freepik)

4. Surat Ali Imran ayat 92, Cinta terhadap Dunia

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتّٰى تُنْفِقُوْا مِمَّا تُحِبُّوْنَ ۗوَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ شَيْءٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ ٩٢

Latin: Lan tanaalul birra hattaa tunfiquu mimmaa tuhibbun wamaa tanfaquu min syai in fa innallaaha bihii 'aliim.

Artinya: Kamu sekali-kali tidak akan memperoleh kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Apa pun yang kamu infakkan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui tentangnya.(QS. Ali Imran: 92)

5. Surat Al Baqarah ayat 165, Cinta Manusia Beriman kepada Allah

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ

Latin: Wa minannaasi man yattahiddu min duunillaahi andaadan yuhibbuunahum kahubbillaah walladziina aamanuu asyadda hubban lillaah.

Artinya: Di antara manusia ada yang menjadikan (sesuatu) selain Allah sebagai tandingan-tandingan (bagi-Nya) yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat kuat cinta mereka kepada Allah. (QS. Al Baqarah: 165)

6. Surat Maryam ayat 96, Cinta Allah kepada Orang Beriman

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمٰنُ وُدًّا ٩٦

Latin: Innalladziina aamanuu wa 'amilush shaalihaati sayaj'alu lahumur rahmaanu wudda.

Artinya: Sesungguhnya bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, (Allah) Yang Maha Pengasih akan menanamkan rasa cinta (dalam hati) mereka.(QS. Maryam ayat 96).

7. Surat Ar Rum ayat 21, Cinta dan Kasih Sayang

Ayat Alquran tentang Cinta berikut ini mengupas tentang tiap manusia diciptakan berpasang-pasangan. Karena itu, sudah menjadi keharusan manusia untuk mencari pasangan hidupnya.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ - ٢١

Latin: Wa min aayaatihi an kholaqo lakum min angfusikum azwaajal litaskunuu ilaihaa wa ja'ala bainakum mawaddataw warakhmah. Inna Fii dzaalika la aayatil liqoumiy yatafakkarun.

Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (QS. Ar Rum ayat 21).

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut