get app
inews
Aa Read Next : Mudik Lebaran 2024 : 8 Destinasi Wisata Sepanjang Jalur Trans Sumatera

7 Destinasi Wisata yang Seru Buat Dikunjungi di Taiwan

Senin, 19 September 2022 | 14:26 WIB
header img
Destinasi wisata di Taiwan, tepatnya di Guanyinshan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Taiwan menyimpan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner yang beragam dan memiliki kekhasannya tersendiri.

Bagi Anda yang berniat untuk liburan ke Taiwan, Anda bisa mencobanya lewat berbagai cara. Salah satunya melalui National Scenic Area atau kawasan panorama nasional. 

National Scenic Area ini terdiri dari ragam wisata alam, budaya dan kuliner unik dengan berbagai aktivitas dan pengalaman menarik. Di antaranya saja  hutan, bukit, gunung, pulau hingga pantai dengan pasir putih yang halus serta air laut biru. 

Di sana, wisatawan juga bisa melintasi pegunungan di jalur hiking hijau yang teduh atau bersepeda di jalan raya dengan satu sisi laut cantik dan gunung hijau yang megah di sisi lainnya. Museum, kuil dan rumah bersejarah juga bisa ditemukan dengan mudah di setiap sudut Taiwan. 

Nah, jika Anda ingin berlibur ke Taiwan, ada beberapa tempat yang seru untuk dikunjungi. Apa saja? Berikut daftarnya seperti dihimpun pada Minggu (18/9/2022).

1. Siraya

Dikenal sebagai tanah kelimpahan, Siraya dipenuhi dengan pertanian yang menghasilkan berbagai macam buah-buahan dan produk lainnya. Siraya menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi jika Anda ingin menjelajahi pedesaan Taiwan sekaligus mencicipi berbagai macam makanan lezat.

 Sebagai tempat pemandian air panas di Taiwan, Siraya memiliki Guanziling sebagai resor utama. Mata air lainnya juga tersebar di sekitar area tersebut. Anda juga bisa menemukan bendungan di Siraya, termasuk Bendungan Wushantou yang cocok untuk melihat bunga sakura dan beragam flora dan fauna lainnya.

 Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi museum dan rumah bersejarah. Di antaranya Museum Fosil Cailiao, Rumah Bersejarah Keluarga Lutaoyang Jiang, desa pertanian bergaya Fukien hingga rumah anyaman bambu.

2. Teluk Dapeng

Dengan kedalaman mencapai tiga meter hingga enam meter, Dapeng Bay merupakan laguna terbesar di Taiwan yang menyediakan sumber daya hewan dan tumbuhan laut yang kaya di wilayah ini. Magrove, burung, kerang dan serangga bisa ditemukan dengan mudah di Detan Wetland Park, puncak laguna.

 Di sini wisatawan bisa melakukan aktivitas lainnya. Misalnya, menjajal perahu dan berkeliling sambil menikmati keindahan Dapeng Bay. Kemudian juga ada Dapeng Bay Bridge yang akan menampilkan pertunjukkan cahaya dan acara pembukaan jembatan untuk membiarkan kapal masuk ke laguna.

 Sebagai tempat Penbay International Circuit, Dapeng Bay juga terdiri dari Little Liuqiu, pulau karang kecil di pantai dekat Donggang. Banyak keindahan alam seperti terumbu karang, tanaman dan berbagai jenis hewan yang bisa ditemukan di sini.

 

3. North Coast dan Guanyinshan

North Coast dan Guanyinshan menawarkan bebatuan dan pantai berpasir halus serta pemandangan yang menakjubkan. Ada juga mata air panas, sungai deras, dan air terjun.

 Bila Anda mencari pantai yang sepi dan sunyi, matahari terbenam di pantai berpasir, atau sejarah, budaya, dan makanan enak, Anda akan menemukannya di North Coast and Guanyinshan. 

 Saat berkunjung ke North Coast and Guanyinshan pastikan Anda bisa mengunjungi tempat-tempat populer seperti Eksploratorium Pantai Utara, Pelabuhan Memancing Fuji, Mercusuar Tanjung Fugui, Tanjung Fugui, Taman Layang-layang Shimen dan Jalur Bunga Sakura.

4. Northeast dan Yilan Coast

Terletak di timur Taiwan, Northeast dan Yilan Coast terkenal dengan banyak tanjung dan teluk yang didukung oleh pegunungan hijau. Daya tarik lokasi ini meliputi batuan yang megah, bentang alam terkikis laut yang unik, pantai berpasir emas halus, keanekaragaman hayati laut yang kaya, dan warisan budaya yang masih terjaga. 

 Anda juga bisa melihat keindahan alam seperti terumbu karang, sungai, sawah bertingkat, perbukitan hijau, mercusuar, dan dua pantai terbaik Taiwan. Anda juga bisa berkemah, panjat tebing, hiking di sepanjang jalan setapak berusia 200 tahun, dan melakukan olahraga air, seperti berenang, selancar, selancar angin, jet ski, berperahu, snorkeling, dan scuba diving.

5. Lembah Huadong

East Rift Valley disebut sebagai Negeri Madu Susu. Anda akan melihat ladang pertanian hijau yang membentang ke pegunungan di kedua sisi. Tempat wisata nasional sendiri membentang dari Sungai Mugua di Hualien ke utara ke Kota Taitung dengan luas 138.386 hektar.

 Tempat wisata nasional tersebut meliputi pegunungan, lembah, dan mata air panas, bersama dengan sawah, bunga lily, buah pomelo, teh, dan srikaya yang melimpah. Penduduk yang ramah dan hangat dengan suasana pedesaan, dan sungai yang jernih menjadikan East Rift Valley sebagai tempat liburan yang tenang.

 Menariknya, East Rift Valley juga rumah bagi empat suku asli Taiwan. Di antaranya Amis, Atayal, Bunun, dan Puyuma. Budaya Aborigin adalah salah satu yang paling penting dan paling mewakili sumber daya berharga East Rift Valley.

 

6. East Coast

Terbentang dari Hualien hingga Taitung di bagian tenggara Taiwan, East Coast relatif belum terjamah dan penuh bebatuan. Area ini dipenuhi dengan desa-desa nelayan kecil yang membuka restoran dengan makanan laut lokal sebagai menu utamanya. 

 Ada juga tradisi pertanian yang kaya di sini dengan banyak sawah cantik yang menghadap ke Samudra Pasifik. Bagi Anda yang mencari kegiatan yang seru, East Coast juga bisa menjadi menjadi pilihan menarik untuk berselancar lantaran memiliki ombak terbaik.

 Beberapa tempat wisata populer di East Coast yang bisa dikunjungi di antaranya Pantai Shitiping dengan bebatuan dan berbagai macam rumput laut dan hewan laut. Sanxiantai yang terkenal karena jembatan yang unik. Di samping itu, budaya yang kaya dengan banyak suku membuat wisatawan berkesempatan untuk belajar tentang budaya, serta mencicipi masakan khas di sana.

7. Maolin

Maolin terletak di kaki Pegunungan Tengah antara Kaohsiung dan Pingtung. Ini adalah area lain di Taiwan dengan sejarah dan budaya yang kaya dan masih terjaga untuk dijelajahi. Hal tersebut terbukti melalui Taman Budaya Masyarakat Adat Taiwan serta desa-desa seperti Sandimen. 

 Di desa Duona, Anda juga dapat melihat beberapa contoh rumah batu tulis unik Suku Rukai yang terpelihara dengan baik. Saat ini sekitar 30 rumah batu tulis dilestarikan, menjadikannya koleksi terbesar rumah batu tulis di Taiwan. Maolin juga terkenal sebagai tempat untuk melihat kupu-kupu, yang mana Lembah Kupu-Kupu Ungu dan Taman Ekologi Maolin menjadi tempat ribuan varietas.

 Maolin memiliki banyak tempat indah. Di antaranya saja Pemandian Air Panas Baolai, Pemandian Air Panas Bulao, Pemandian Air Panas Duona, Gunung Shiba Luohan (Luohanshan), Air Terjun Lembah Meiya, Gunung Longtou, dan Lembah Maolin.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut