get app
inews
Aa Read Next : Akibat Hujan Disertai Angin, Pohon Tumbang Timpa 3 Mobil Pengunjung Wisata di Serpong

Pohon Tumbang di Kota Tangerang Sudah Ditangani

Rabu, 24 November 2021 | 16:02 WIB
header img
Petugas membersihkan dahan pohon yang tumbang akibat angin kencang di Kota Tangerang, Selasa (23/11/2021) malam.

Angin kencang yang terjadi di Kota Tangerang, Selasa (23/11) malam, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di beberapa lokasi. Situasi tersebut, dapat diatasi oleh petugas pertamanan dari Disbudparman serta petugas BPBD secara cepat dan sigap. Hingga Rabu (24/11) kondisi lalu lintas di Kota Tangerang terpantau bersih, lancar, dan aman bagi para pengendara.

Kepala Bidang Pertamanan dan Dekorasi, Kota Tangerang, Hendri Pratama mengungkapkan, atas data yang masuk ada sejumlah jalan yang ditangani akibat pohon tumbang. Mulai dari Jalan Kalipasir, Jalan Kali Sipon, Jalan TMP Taruna, Jalan Jendra Sudirman sekitar Pasar Tanah Tinggi, hingga jalan sekitar Ahmad Yani.

“Dalam proses penanganan, Disbudparman Bidang Pertamanan menurunkan sekitar 15 petugas terdiri atas Brigade1016 dan tim penebangan,” ujar Hendri, Rabu (24/11/21), dikutip dari laman tangerangkota.go.id.

Hendri menjelaskan, penanganan sejumlah jalan dilakukan atas diterimanya laporan pohon tumbang dari warga sekitar dan pengguna jalan. Sebagian hasil dari patroli petugas, mengelilingi jalan-jalan kota yang terdeteksi berpotensi terjadinya pohon tumbang.

“Hitungan menit pasca terjadinya angin kencang, Disbudparman langsung menerjunkan petugas untuk melakukan patrol disejumlah jalan. Jika ditemukan pohon tumbang atau ranting pohon patah yang terlihat cukup banyak di satu titik, bisa langsung ditangani. Lalu lintas pun bisa kembali normal,” tuturnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang, Ghufron Falveli mengungkapkan, tim BPBD menanganani sejumlah titik pohon tumbang, salah satunya Jalan Perintis Kemerdekaan II. Di lokasi ini, BPBD mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa satu unit pohon oleh Tim Damkarmat Mako BPBD Kota Tangerang.

Dia mengingatkan agar tetap waspada jika terjadi angin kencang. “Hindari berteduh dan memarkir kendaraan di bawah pohon sebab kita tidak tahu kondisi pohon tersebut,” tutur Ghufron.

Jika angin kencang atau hujan deras kembali terjadi di Kota Tangerang, ia mengimbau masyarakat tidak memarkir kendaraannya di bawah pohon besar, tidak berteduh di bawah pohon, dan pastikan fokus serta selalu berhati-hati sepanjang berkendara.

“Jika hujan deras ada baiknya, berteduh didalam gedung. Hindari tiang listrik, hindari lapangan terbuka karena rawan petir. Jika angina kencang, pastikan tutup pintu dan jendela, matikan aliran listrik sementara, berlindung di tempat aman, berteduk jika sedang berkendara, hindari tiang listrik, reklame dan jangan berlindung di bawah jembatan,” ujarnya.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut