Viral Raja Charles Tolak Jabat Tangan Pria Kulit Hitam saat Pemakaman Ratu Elizabeth

Anton Suhartono
.
Kamis, 22 September 2022 | 15:56 WIB
Video Raja Charles III terlihat enggan berjabatan tangan dengan pria kulit hitam menjadi viral (Screengrab: Reuters)

LONDON, iNewsSerpong.id - Raja Charles III menjadi perhatian netizen setelah videonya yang terlihat enggan menerima jabat tangan seorang pria kulit hitam beredar. Saat itu Raja Charles sedang menyapa warga yang memenuhi pinggiran jalan di London, Inggris, untuk melihat prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II, Senin (19/9/2022).

Video menunjukkan Raja Charles menjabat tangan warga satu per satu. Namun saat seorang pria kulit hitam hendak berjabatan, Raja menarik tangannya. Tayangan itu memicu kemarahan netizen. Umumnya mereka yakin Raja Charles sengaja mengabaikan pria kulit hitam itu.

"Orang ini (Raja Charles) sengaja melakukannya," kata seorang pengguna Twitter.

"Pria kulit hitam, Anda sendirian," kata netizen lainnya.

Seorang praktisi bos perusahaan jasa kehumasan asal Kenya, Asmali Media, dalam cuitan, mengkritik perlakuan Raja Charles terhadap pria kulit hitam itu. Dia juga mengaitkan dengan perlakuan terhadap para pemimpin Afrika yang diantar ke lokasi pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth, Westminster Abbey, menggunakan bus.

Namun ada pula yang membela dengan mengunggah foto lain saat Raja Charles menjabat pria kulit hitam di kerumuman di hari yang sama.

"Mengapa Anda tak melihat video yang satu ini," kata dia.

Netizen lain menilai pria kulit hitam itu memaksa berjabatan tangan sehingga Raja merasa terganggu.

(*)
Editor : Syahrir Rasyid
Bagikan Artikel Ini