get app
inews
Aa
Read Next : Rusia Blokir 15.400 Halaman Web untuk Kaum LGBT

Hasil Referendum, Wilayah-Wilayah Ukraina Ini Pilih Bergabung dengan Rusia

Kamis, 29 September 2022 | 18:45 WIB
header img
Rusia segera mengumumkan hasil referendum, bergabungnya 4 wilayah Ukraina ke Federasi (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNewsSerpong.id - Rusia tampaknya segera mengumumkan bergabungnya beberapa wilayah Ukraina berdasarkan hasil referendum yang digelar sejak akhir pekan lalu. Berdasarkan penghitungan pada Selasa, lebih dari 90 persen pemilih, terutama di Donetsk dan Zaporizhzhia, setuju bergabung dengan Rusia.

Referendum ini dikecam Ukraina maupun negara Barat sebagai pencaplokan wilayah, sehingga tak akan mengakui hasilnya.

Hasil resmi yang diungkap komisi pemilihan setempat, 93 persen pemilih di Zaporizhzhia setuju bergabung dengan Rusia. Sebagian besar wilayah tersebut direbut Rusia sejak invasi pada 24 Februari, namun ibu kota wilayah itu, Kota Zaporizhzhia tetap dikuasi Ukraina. Oleh karena itu, Melitopol menjadi ibu kota de facto Zaporizhzhia.

Hasil penghitungan referendum di Donetsk menunjukkan hasil jauh lebih meyakinkan. Berdasarkan penghitungan yang diungkap komisi pemilihan Republik Rakyat Donetsk (DPR) pada Selasa, 99,23 persen penduduk memilih bergabung dengan Federasi Rusia.

Donetsk telah merampungkan referendum yang dilakukan sejak akhir pekan lalu, di mana 2.113.126 orang berpartisipasi. Angka itu berarti 97,51 persen dari daftar pemilih di Donetsk memberikan suara mereka.

Sementara dua wilayah lainnya, yakni Luhansk dan Kherson, segera mengumumkan hasil referendum. Tampaknya hasil penghitungan menunjukkan data tak jauh berbeda.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengungkapkan penyelesaiannya atas referendum. Hasil ini, kata dia, membuat penyelesaian konflik dengan Rusia melalui diplomasi menjadi mustahil.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut