get app
inews
Aa Read Next : Ukraina Mendapatkan Gelontoran Bantuan Tambahan Rp40 Triliun dari Uni Eropa

Wow, Warga Republik Ceko Patungan Beli 1 Tank untuk Ukraina dalam Sehari

Selasa, 04 Oktober 2022 | 06:42 WIB
header img
Warga Republik Ceko patungan membeli satu tank T-72 yang dimodernisasi untuk Ukraina (Foto: Reuters)

PRAHA, iNewsSerpong.id - Warga Republik Ceko menunjukkan solidaritas untuk membantu Ukraina berperang melawan Rusia. Mereka patungan untuk membeli tank untuk militer Ukraina.

Uang 33 juta krona atau sekitar Rp20 miliar terkumpul dalam sehari untuk membeli satu unit tank T-72 buatan era Soviet modern. Tank itu akan segera dikirim ke Ukraina. Pengumpulan dana itu dilakukan Kedutaan Besar (Kedubes) Ukraina untuk Ceko pada Senin (3/10/2022) dan berasal dari 11.288 orang.

"Republik Ceko menjadi negara pertama di mana warganya biasa membeli tank," kata Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina, Yevhen Perebyinis, dalam cuitan, seperti dilaporkan kembali Reuters.

Tank T-72 Avenger telah dimodernisasi, di antaranya pada sistem pelindung, pengelihatan malam, serta komunikasi yang modern.

Sejak invasi Rusia pada 24 Februari, Republik Ceko merupakan salah satu pendukung utama Ukraina.

Pemerintah negara anggota NATO itu telah mengirim berbagai peralatan militer ke Ukraina. Sektor swasta juga berkontribusi. Di antara peralatan yang dibeli termasuk tank lawas, beberapa peluncur roket, artileri, kendaraan tempur infanteri, serta sistem pertahanan udara ke Ukraina.

Kedubes Ukraina mengungkap hingga akhir September, Ceko telah menyumbang 1,3 miliar krona dari penggalangan dana untuk membeli senjata yang dikoordinasikan dengan Kementerian Pertahanan.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut