get app
inews
Aa Read Next : Malam ini, Indonesia Vs Turkmenistan, Saksikan di RCTI Live Streaming : Vision+ Pukul 19.00 WIB

Kalahkan UEA 3-2, Indonesia di Puncak Klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17

Rabu, 05 Oktober 2022 | 23:11 WIB
header img
Arkhan Kaka kembali jadi bintang kemenangan.(Foto: Twitter/@afcasiancup)

BOGOR, iNews.Serpong.id- Timnas Indonesia U-16 kembali berjaya. Arahan Kaka dan kawan-kawan mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) 3-2 pada babak pertama Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (5/10/2022) malam.

Indonesia unggul 2-0 lebih dulu. Namun memasuki menit 30, Indonesia kebobolan dua gol. Skor 2-2 menutup babak pertama. Pada babak kedua, Indonesia bisa unggul lewat gol Arkhan Kaka. Gol itu sekaligus mengantar Indonesia menang 3-2. 

Indonesia dan UEA lebih banyak bermain di lapangan tengah di awal laga. Anak asuh Bima Sakti beberapa kali mencoba membongkar pertahan UEA melalui umpan-umpan pendek. Namun upaya itu beberapa kali gagal menembus rapatnya pertahanan UEA. Permainan masih alot hingga menit 13. Kedua tim masih kesulitan membuat peluang emas. 

Indonesia mengancam lewat umpan panjang. Umpan Nabil gagal diantisipasi pemain belakang UEA sehingga membuat Kaka leluasa mengejar bola. Sayang upayanya bisa digagalkan bek UEA sebelum bola masuk kotak penalti. UEA bukan tanpa serangan. Beberapa kali UEA mengancam lewat permainan direct namun bek Indonesia masih sigap. 

Indonesia akhirnya mencetak gol lewat skema serangan dari sisi kiri pertahanan UEA di menit 17. Habil melakukan penetrasi kemudian mengirim umpan matang ke kotak penalti.  Umpan itu disambut dengan gol tendangan voli spektakuler oleh Nabil. Indonesia unggul 1-0. 

 Indonesia makin gencar menyerang dan mengancam pertahanan UEA usai unggul 1-0. Namun upaya Nabil cs masih bisa digagalkan bek UEA. UEA mendapat peluang emas di menit 23. UEA mendapat tendangan bebas di dekat kotak penalti Indonesia. Namun tendangan bebas itu mudah diantisipasi Andrika Fathir. 

Garuda Muda Imenambah keunggulan menit 29. Kaka mampu memanfaatkan umpan terobos untuk mencetak gol kedua. Namun, UEA memperkecil kedudukan di menit 33. Aksi solo Waleed bisa mengecoh bek Indonesia dan diakhiri tembakan ke pojok kiri Andrika. 

Indonesia kembali menyerang usai kebobolan. Namun upaya Indonesia masih belum membuahkan hasil. Asik menyerang Indonesia justru kebobolan menit 39. Skill individu Ghaith Abdala tak bisa dihentikan Iqbal sehingga bisa menerobos ke kotak penalti untuk mencetak gol. Tidak ada gol tambahan di akhir babak pertama. Skor 2-2 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. 

Memulai babak kedua, Indonesia langsung mengancam lewat kaki Kaka. Sayang upayanya belum menemui sasaran. Indonesia terus memainkan umpan-umpan pendek untuk membongkar pertahanan UEA. Akhirnya Indonesia kembali unggul menit 55. Arkhan Kaka kembali mencetak gol yang bermula dari kerja sama apik di depan kotak penalti UEA. Skor 3-2 untuk Indonesia. 

Tertinggal UEA mencoba membongkar pertahan rapat Indonesia. Namun upaya itu masih bisa digagalkan oleh Iqbal cs di lini belakang. Arkhan hampir saja mencetak hattrick di menit 62. Sayang penetrasinya di sisi kiri pertahanan UEA bisa digagal tepat di depan kiper. 

Kedua tim saling jual beli serangan di pertengahan babak kedua. Indonesia mendapat peluang matang di menit 75. Bermula dari umpan crossing Habil ke kotak penalti namun sundulan Kaka masih terlalu lemah.  

Indonesia bermain rapi baik dalam bertahan dan menyerang. Sementara UEA juga tak berhenti menyerang untuk menyamakan kedudukan. 

Arkhan Kaka kembali mengancam di menit-menit akhir. Sayang upayanya tak bisa mengenai bola. Skor 3-2 bertahan hingga akhir laga. Indonesia kini memimpin puncak klasemen Grup B di atas UEA. 

Susunan Pemain Indonesia U-16 vs Uni Emirat Arab U-16: 

INDONESIA U-16 XI: Andrika Fathir; Habil Yafi, M. Iqbal Deijangge, Sulthan Zaky, Rizdjar Subagja; Figo Dennis, Kafiatur Rizky, Riski Afrisal, Achmad Zidan; Arkhan Kaka, M. Nabil Asyura Pelatih: Bima Sakti UNI EMIRAT ARAB XI: Hamdan Alhammadi; Ahmed Katta, Rashid Saif, Saeer Amer, Hussain Mahmoud; Abdalla Ahmed, Ali Jaber, Abdulaziz Mohamed, Waleed Mallalla, Mohammed Jumah, Ghaith Abdalla Pelatih: Alberto Gonzalez Cabot. (*)

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut