get app
inews
Aa Read Next : Paspor sudah Mati? Yuk Simak Cara Perpanjang Paspor Secara Online

EduBridge Paham Pemetaan Jurusan dan Prospek Karir, itu Unique Selling Point

Senin, 10 Oktober 2022 | 18:42 WIB
header img
Banyak hal harus dipahami untuk menuntut ilmu di negeri orang. (Foto : EduBridge)

MENYOKOLAHKAN anak di luar negeri adalah sebuah impian ideal sejumlah orang tua. Seiring melandainya pandemi Covid-19 gairah menempuh pendidikan di luar negeri kembali bergeliat.

Memang, banyak hal harus dipahami untuk menuntut ilmu di negeri orang, namun tak perlu khawatir sebab kini bertumbuhan konsultan pendidikan yang siap membantu. Salah satunya adalah EduBridge Gading Serpong.

Untuk mengetahui lebih jauh seluk beluk menempuh pendidikan di luar negeri, berikut wawancara Senior Consultant EduBridge Gading Serpong, Dewi Elizabeth dengan iNewSerpong.

Bisa diceritakan perjalanan EduBridge Gading Serpong dalam mengantarkan putra-putri Indonesia untuk studi di luar negeri?

Eduridge Gading Serpong merupakan cabang ketiga di Jakarta dan sekitarnya dari total delapan cabang yang tersebar di Indonesia. Sejauh ini EduBridge Gading Serpong sudah membantu dalam hal memberikan gratis konsultasi jurusan dan karir, pengurusan aplikasi ke sekolah yang dituju, pengurusan visa pelajar, booking akomodasi, penjemputan dan sekaligus pendampingan di beberapa negara tujuan.

Perjalanan nya tidak mudah karena tiap student dan parents memiliki concerns yang berbeda beda. Misalnya dari segi lokasi, biaya sekolah dan lain sebagainya. Itu sebabnya komunikasi antara kami sebagai konsultan dengan student, parents dan pihak sekolah di luar negeri harus selalu dijaga dengan baik karena semua proses dari awal sampai akhir akan melibatkan semua pihak.

Apa istimewanya EduBridge Gading Serpong dibanding dengan lembaga sejenis?

Memang agen studi ke luar negeri tak terhitung jumlahnya di luar sana, namun salah satu “unique selling point” EduBridge adalah pemetaan jurusan dan prospek karir kedepannya.

Tidak semerta-merta “mengirim” siswa ke luar negeri, konselor EduBridge bersama dengan klien akan berkonsultasi dahulu secara gratis. Apa yang klien ingin capai? Apa yang cocok untuk mendukung minat dan “passion” klien? Pilihan universitas dan negara pun akan disesuaikan dengan preferensi dan budget.

Selain itu, EduBridge ingin mematahkan stigma bahwa kuliah ke luar negeri memakai agent pasti lebih mahal. Pada kenyataannya instansi ini sama sekali tidak memungut biaya untuk konsultasi.

Biaya lainnya untuk pengurusan visa, aplikasi dan sebagainya pun sesuai dengan yang nominal yang seharusnya dibayar kepada lembaga atau universitas yang bersangkutan.


EduBridge siap dampingi siswa. (Foto : EduBridge)

Layanan apa saja yang diberikan kepada klien?

Service yang EduBridge sediakan untuk klien antara lain :

* GRATIS Konsultasi jurusan & karir (gak dipungut biaya sama sekali)

* Info Beasiswa studi di luar negeri yang paling update

* GRATIS pengurusan aplikasi sekolah, tiket, visa hingga akomodasi

* GRATIS pendampingan di negara tujuan

* Bimbingan IELTS

* Study Tour & Workshop

Bagaimana suka duka mengurus lembaga konsultan pendidikan?

Perjalanan awal EduBridge dengan segala lika-likunya selalu diterima oleh tim EduBridge dengan lapang dada. Sama seperti bisnis pada umumnya, tentu perlu extra “effort” untuk mulai merintis dari nol.

Namun, kita dihadiahi oleh rasa bahagia dan puas ketika bisa membantu siswa meraih mimpi dan pendidikan setinggi-tingginya.

Sejauhmana tanggung jawab lembaga konsultan terhadap peserta studi di luar negeri?

EduBridge akan mendampingi siswa sejak awal sesi konsultasi hingga perjalanan mendaftar universitas, pengurusan administratif, keberangkatan, ketibaan di negara tujuan dan dimulainya proses pembelajaran.

EduBridge tetap membuka pintu bagi para siswa semasa masa pembelajaran maupun sudah lulus.

Tidak hanya urusan akademis, pihak kita juga memberikan tips dan nasihat untuk siswa dalam hal akomodasi serta kehidupan di negara yang dituju siswa. Di negara tertentu juga terdapat pendampingan khusus oleh konselor EduBridge.

Tantangan terberat dalam mengelola lembaga konsultan pendidikan seperti apa?

Tantangan adalah bagian dari proses. Tim EduBridge percaya semua “masalah” hanyalah kesempatan agar kita dapat terus mengimprovisasi diri dan memberikan servis yang lebih lagi untuk klien.

Peminat studi keluar negeri terbesar ke negara mana saja?

United Kingdom, USA, Canada, Australia, Switzerland, Singapore, Malaysia, China

Universitas yang dibidik apa saja dan jurusan favorit apa?

EduBridge bekerja sama dengan banyak sekali universitas. Di UK sendiri student kami tersebar di banyak wilayah England, Scotland, Wales dan Northern Ireland dengan jenjang pendidikan dari mulai SMA sampai dengan program S3.

Mulai dari University of Manchester, University of Lancaster, University of Bristol, Queen’s University Belfast dan banyak universitas lainnya juga di luar Russel Group seperti University of Huddersfield, University of Hertfordshire, UWE Bristol, dan lain-lain.

Sementara di USA-Canada students kami masih banyak yang melirik kampus - kampus di state Washington, California, Illinois dan Massachusetts. Di USA sendiri ada ribuan universitas yang tersebar di 50 states.

Contohnya, Oregon State University, University of Washington, UCLA, UC Berkeley, University of Illinois Chicago dan masih banyak lagi. Berbeda dengan Australia yang kebanyakan berpusat di Sydney dan Melbourne.

Walaupun students sekarang sudah banyak yang melirik kesempatan di kota Adelaide dan Perth yaitu di University of Adelaide dan University of Western Australia. Kedua kampus tersebut berada di grup yang sama dengan University of Sydney, University of Melbourne dan Monash University.

Khusus untuk Switzerland kampus rekanan kami tergabung dalam Swiss Education Group ditambah dengan beberapa kampus lain seperti Glion, Les Roches dan EU Business School.

Peminat di negara Asia juga cukup banyak misalnya ke James Cook University dan PSB Academy di Singapore, Xiamen University Malaysia, Taylors University, Heriot Watt University di Malaysia, dan terakhir di China ada Chinese University Hongkong di Shenzhen, University of Nottingham di Ningbo dan University of Liverpool di Suzho.

Untuk jurusan favorit student Indonesia sudah pasti masih sekitaran Business dan Science.

Sejauh Mana minat masyarakat khususnya di Gading Serpong dan sekitarnya untuk studi di luar negeri?

Minat masyarakat Gading Serpong dan sekitarnya cukup tinggi. Hal itu terlihat dari minat orang tua dan students yang datang menghadiri info session dan edufair yang diselenggarakan baik oleh sekolah dan agent pendidikan seperti EduBridge.

Kebetulan di tanggal 25 September kemarin kami baru saja menyelenggarakan Education Expo dan Free Try Out IELTS.

Berapa banyak peserta studi ke luar negeri yang dikirim Edubridge dalam lima tahun terakhir?

Kurang lebih 3000 siswa selama 5 tahun terakhir.


EduBridge memiliki 8 cabang seluruh Indonesia. (Foto : EduBidge)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut