get app
inews
Aa Read Next : Alasan Mundur dari Pilpres AS, Joe Biden : Saya Lebih Mencintai Negara ini daripada Jabatan

5 Contoh Teks Pidato Singkat Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 untuk Upacara

Rabu, 26 Oktober 2022 | 09:15 WIB
header img
Contoh Teks Pidato Singkat Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 (Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kumpulan contoh teks pidato singkat peringatan hari Sumpah Pemuda bisa menjadi referensi untuk dibacakan saat upacara. Berikut contoh naskahnya lengkap.

Sumpah Pemuda merupakan peristiwa mempersatukan bangsa Indonesia sebelum merdeka. Dalam peristiwa itu, diucapkan juga teks Sumpah Pemuda, yang isinya adalah sebagai berikut

Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

  • 1. Pidato Sumpah Pemuda Singkat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Teman-teman yang saya banggakan,

Masa depan bangsa dan negara berada di tangan para pemuda. Bagaimana keadaan bangsa dan negara kita pada masa yang akan datang? Itu dapat dilihat dari bagaimana kegiatan para pemuda masa sekarang.

Jika para pemuda sekarang sudah mempersiapkan diri, giat belajar, tekun berlatih dan bekerja keras maka masa depan bangsa dan negara kita cerah. Ada harapan besar untuk menjadi bangsa dan negara yang maju.

Sebaliknya, jika para pemuda sekarang berpangku tangan, bermalas-malasan, dan berhura-hura, apalagi suka mabuk-mabukan maka masa depan bangsa dan negara kita suram.

Negara kita bisa hancur berkeping-keping dan tinggal nama saja dalam buku-buku sejarah. Sungguh sangat menyedihkan jika hal itu benar-benar terjadi. Oleh karena itu, kita harus menyadari hal tersebut sebagai generasi muda, penerus yang kelak bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa dan negara.

Kita harus mencegah kehancuran bangsa. Sebaliknya, kita harus berusaha sekuat tenaga memajukan bangsa. Hal ini seperti yang dicontohkan oleh para pemuda pada masa yang lalu.

Para pemuda saat itu prihatin terhadap keadaan bangsa kita yang terjajah. Mereka berpikir bagaimana caranya memajukan bangsa pada masa yang akan datang. Dari berpikir dan berusaha itu, mereka yang berasal dari berbagai daerah sepakat mengucapkan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Oleh karena itu, Saudara-saudara, kita jangan terlena dengan syair lagu 'Bukan lautan, tapi kolam susu. Kali dan jala cukup menghidupimu." Tidak bisa, Saudara-saudara. Di masa yang akan datang, kekayaan alam dan kesuburan tanah semakin berkurang.

Kawan-kawan, kita harus belajar giat dan bekerja keras. Kita tidak perlu membesar-besarkan perbedaan kita. Kita harus memperbesar persamaan kita. Darah kita sama-sama merah. Tulang kita sama-sama putih dan kita juga mempunyai tekad sama, yaitu menjaga tetap tegaknya bendera kita merah putih sebagai lambang kejayaan bangsa kita.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  • 2. Pidato Sumpah Pemuda 2022

Selamat pagi saudaraku sebangsa dan setanah air,

Pada hari ini kita mengucap syukur atas kehadiran Tuhan yang Maha Esa atas berkatnya kami bersama para muda-mudi hari ini berkumpul untuk menyemarakan hari Sumpah Pemuda 2022.

Dengan bertambahnya umur semoga para muda-mudi sekalian selalu diberkahi semangat dan jiwa perjuangan yang kokoh layaknya para pemuda di zaman kemerdekaan. Semoga para generasi muda dapat membawa dampak perubahan yang positif terhadap Tanah Air.

Oleh karena itu, mari sejak dini tanamkan dalam diri jiwa kemerdekaan dan keberanian untuk tetap menegakan kebenaran. Sekian pidato dari saya. Sebagai penutup, mari kobarkan semangat pemuda dan pemudi Indonesia untuk kemajuan bangsa. Merdeka! Merdekaa! Merdeka!

  • 3. Contoh Teks Pidato Singkat Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Assalamualaikum WR WB.Yang kami hormati Bapak Kepala Sekolah, yang kami hormati Bapak Wali Kelas, bapak dan ibu guru dan juga teman-tema yang saya cintai.

Pertama-tama, mari panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul.
Tidak lupa, shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi besar kita, yaitu Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada sahabat-sahabatnya, juga kepada para tabi'it dan tabi'atnya.

Sebelumnya, mari kita sebagai generasi penerus merenungi kembali makna Sumpah Pemuda dengan jiwa dan semangat kebangsaan, serta rasa sosialisme yang tinggi.
Tapi apakah ikatan kita sebagai sebuah bangsa sudah kuat dan kokoh? Ini perlu jadi renungan para tokoh bangsa. Ketika Tanah Air ini aman-aman saja, apakah semangat nasional jadi luntur, semangat kebangsaan kita ikut menjadi pudar?

Bapak/Ibu juga teman-teman sekalian, sudah bukan rahasia umum kalau kebangkitan dan kemerosotan sebuah bangsa dipengaruhi oleh semangat pemuda-pemudanya di setiap negara. Ada banyak sejarah yang membuktikan ketika kekuatan para pemuda yang bersatu-padu dapat menggulingkan kekuasaan yang sangat kokoh sekali pun.

Teman-temanku sekalian, sudah sewajarnya bila kita sebagai generasi penerus membenahi kembali tatanan kebangsaan yang sekarang sudah mulai luntur ini. Marilah kita sebagai pemuda membenahi kembali tatanan kebangsaan yang sekarang sudah mulai luntur ini. Marilah kita sebagai pemuda, menyusunnya kembali agar bangsa ini tidak menjadi lebih hancur lagi.

Marilah kita junjung kembali demokrasi kita yang sudah mulai luntur dengan bersatu-padu membangun kembali bangsa ini agar tercipta kembali demokrasi kita yang sudah mulai luntur dengan bersatu padu membangun kembali bangsa agar tercipta kembali kerukunan yang dulu pernah menjadi suatu kebanggan kita.

Teman-temanku sekalian, sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta, berikanlah hak-hak atas anak cucu kita warisan berupa hasil perbuatan kita di masa muda sekarang ini agar menjadi kenyamanan bagi penerus kelak.

Bapak/Ibu dan teman-teman sekalian, terima kasih atas semua perhatiannya. Wassalamualaikum WR WB.

  • 4. Naskah Pidato Sumpah Pemuda 2022

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada pagi hari ini marilah kita panjatkan puji syukur kepada tuhan atas kelimpahan berkat yang diberikan kepada kita. Hal itu membuat kita semua di sini dapat berkumpul dan memperingati secara serentak Hari Sumpah Pemuda.

Saudara-saudara yang tercinta, kita tahu bahwa Sumpah Pemuda memberikan arti penting bagi para pemuda-pemudi di Indonesia untuk tetap semangat, bersatu dan pantang menyerah dalam memperjuangkan Indonesia.
Saat ini banyak sifat para pemuda-pemudi yang acuh tak acuh yang akan menghambat kemajuan bangsa Indonesia untuk sukses. Untuk itu, mari kita bersama-sama bergandengan tangan dan mengubah rasa individualisme untuk bekerja sama menuju Indonesia yang adil dan makmur.

Sekian pidato saya dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022. Semoga generasi muda semakin semangat dalam melaksanakan berbagai aktivitas yang lebih baik.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

  • 5. Pidato Sumpah Pemuda

Bapak/Ibu dan teman-teman yang saya hormati
Assalamualaikum WR WB, salam sejahtera bagi kita semua

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan kepada kita semua untuk berkumpul dan memperingati Hari Sumpah pemuda 2022. Tak lupa, shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana kita ketahui hari ini tepat tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Beberapa tahun yang lalu, tepatnya tanggal 28 Oktober 1928 semua perwakilan pemuda dari berbagai daerah berkumpul mengadakan kongres untuk menyatakan sikap dan menentukan arah perjuangan demi mencapai satu tujuan.

Dari situ, mereka menyatakan sumpahnya untuk berbangsa satu, berbahasa satu dan bertumpah darah satu, Tanah Indonesia. Melihat hal itu, sudah sepatutnya kita memupuk kembali semangat dalam teks ikrar tersebut.

Kita sebagai penerus bertanggung jawab atas kemajuan bangsa dan negara. Kita harus mencegah kehancurkan dengan memajukan bangsa. Hal ini seperti yang dicontoh oleh para pemuda di masa lalu.

Para pemuda, terutama yang berpendidikan akan sangat prihatin terhadap keadaan bangsa yang terjajah. Mereka berpikir bagaimana cara memajukan bangsa di masa yang akan datang. Oleh karena itu, ikrar Sumpah Pemuda dibaca dan diperingati.

Semoga pidato singkat Sumpah Pemuda ini bisa mendorong semangat kita untuk meraih masa depan yang lebih baik. Salam pemuda. Wassalamualaikum WR WB. Terima kasih semuanya.

Demikian contoh teks pidato singkat peringatan hari Sumpah Pemuda 2022 untuk dibacakan saat upacara penuh semangat. Selamat hari Sumpah Pemuda!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut