get app
inews
Aa Read Next : Kena Tilang Elektronik, Bisa Bayar Melalui Online dan Offline

Kapolri Larang Tilang Manual, 6 Kamera Tilang Elektronik Segera Dipasang di Kota Tangerang

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 21:14 WIB
header img
Enam kamera CCTV tilang elektronik dipasang di Kota Tangerang. (Foto/Ilustrasi : Ist)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Tilang manual atau langsung kepada pelanggar lalu lintas segera ditiadakan. Demikian instruksi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Itu ditempuh untuk meminimalisi pungli yang kerap terjadi saat tindakan tilang langsung. Satlantas Polres Bogor mengganti tindakan tilang tersebut dengan meminta pelanggar lalu lintas membaca Alquran atau menghafal Pancasila. 

Sementara itu, Satlantas Polres Metro Tangerang hanya akan menegur pengendara yang kedapatan melanggar lalu lintas dengan teguran simpatik sambil menunggu electronic traffic law enforcement (ETLE) rampung.

"Sesuai perintah, kita sudah tidak ada penilangan manual, sambil menunggu ETLE sekarang sifatnya teguran simpatik agar masyarakat tertib berlalulintas," ujar Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Joko Sembodo kepada MNC Portal pada Sabtu (29/10/2022).

Teguran simpatik yang dimaksud adalah dengan mengedukasi pelanggar lalu lintas mengenai keselamatan dalam berkendara. Selain itu, pelanggar juga diedukasi bahaya dan kerugian apabila melanggar aturan lalu lintas.

"Teguran jangan mengulangi lagi pelanggarannya, karena sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain," tuturnya.

Sementara itu, saat ini Polres Metro Tangerang Kota sudah melakukan survei di lokasi yang akan diberlakukan ETLE. Hingga saat ini ada sebanyak enam unit ETLE yang akan dioperasikan di wilayah hukum (wilkum) Polres Metro Tangerang Kota.

“Saat ini sudah tahap survei ke titik-titik lokasin. Dan sesuai dengan arahan Kapolri tahun 2023 ETLE sudah siap dan jumlahnya ada enam unit,” katanya.

Enam unit ETLE tersebut rencananya akan diletakkan di enam titik, di antaranya yakni kawasan Jalan Daan Mogot, Jalan Jenderal Sudirman, Kebon Nanas, dan Jatiuwung. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 6 Kamera Tilang Elektronik Segera Dipasang di Tangerang, Polisi Jamin Tak Ada Pungli ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/megapolitan/6-kamera-tilang-elektronik-segera-dipasang-di-tangerang-polisi-jamin-tak-ada-pungli.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut