get app
inews
Aa Read Next : Luhut Ditegur Jokowi hingga 3 Kali gegara Kurang Lakukan Hal Ini

Menko Marves Ungkap Keinginan Jokowi untuk KTT G20 Indonesia, Semua Persiapan All Out 

Senin, 07 November 2022 | 11:13 WIB
header img
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Menteri koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penyelenggaraan KTT G20 Indonesia.  Menurut dia, meskipun menjadi tuan rumah KTT G20 bukan pekerjaan yang mudah terutama dalam kondisi yang serba sulit saat ini, Presien Jokowi senantiasa menekankan agar semua dipersiapkan secara "all out".

"Kita harus all out mengerahkan semua kemampuan terbaik." Itulah pesan Presiden Joko Widodo yang terus diulang-ulang," kata Luhut, dalam unggahan akun instagram pribadinya, dikutip Senin (7/11/2022). 

Menurut dia, dalam berbagai kesempatan, Jokowi selalu mengatakan kepada para menteri agar momen ini dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga reputasi Indonesia diakui sebagai representasi negara berkembang di Asia Tenggara yang mampu menjadi tuan rumah G20 yang merupakan event berskala internasional. 

"Saya optimis kepercayaan itu akan semakin meningkat, karena melihat bagaimana respons dan permintaan dari dunia internasional kepada Presiden Jokowi untuk mewujudkan perdamaian dunia," ungkap Menko Marves.  Luhut mengungkapkan, di tengah ketidakpastian yang dialami seluruh negara saat ini, Indonesia mendapat kehormatan sekaligus kesempatan menyelenggarakan KTT G20 2022 di Bali. 

Dalam acara tersebut, akan hadir 19 negara anggota dan satu organisasi regional Uni Eropa yang secara kolektif merepresentaskan 65 persen penduduk dunia, 79 persen perdagangan global, dan setidaknya 85 persen perekonomian dunia.  "Kami juga mengundang negara-negara sahabat di kawasan Afrika dan negara kepulauan lainnya," tulisnya. 

Oleh sebab itu, Luhut meminta izin kepada Presiden Joko Widodo untuk berangkat lebih awal ke Bali, guna meninjau kembali persiapan final acara inti KTT G20 sekaligus memastikan apa saja yang belum dan perlu untuk diselesaikan demi kelancaran acara. Luhut juga mengungkapkan kegundahan terkait cuaca karena saat ini sudah masuk musim hujan, mengingat salah satu agenda yaitu Gala Dinner yang akan bertempat di alam terbuka, yaitu GWK Cultural Park.

"Sebagai orang yang cukup perfeksionis, saya tidak bisa tenang jika persiapan G20 ini belum 100 persen terlaksana," ujar Luhut. Dia menambahkan, gelaran Presidensi G20 merupakan gelaran yang akan membuktikan kepada dunia atas resiliensi ekonomi bangsa terhadap krisis. 

"Jika gelaran G20 ini sukses, maka nama besar Indonesia akan terangkat dan menjadi rujukan pelaksanaan event berskala internasional di tengah ketidakpastian global," tutur Luhut.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Luhut Ungkap Keinginan Jokowi untuk KTT G20 Indonesia ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/luhut-ungkap-keinginan-jokowi-untuk-ktt-g20-indonesia.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut