get app
inews
Aa Read Next : Ini Fungsi Fitur IEP dan IEV pada Sistem Perdagangan Bursa yang Diluncurkan BEI

BEI Jajaki Potensi Bursa Perdagangan Karbon di RI

Jum'at, 11 November 2022 | 10:03 WIB
header img
Gandeng IDCTA, BEI Jajaki Potensi Bursa Perdagangan Karbon di Indonesia (foto: MNC Media)

JAKARTA,iNewsSerpong.id - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait potensi pengembangan perdagangan karbon di Indonesia dengan Asosiasi Perdagangan Karbon Indonesia (Indonesia Carbon Trade Association/IDCTA). Penandatanganan MoU dilakukan di Main Hall Gedung BEI, Jakarta, pada Kamis (10/11/2022).

Dalam upaya pengembangan peluang perdagangan karbon di Indonesia, BEI menjadi salah satu pihak yang berpotensi tampil sebagai penyelenggara bursa komoditas tersebut.

Karenanya, BEI berupaya menampung berbagai masukan serta dukungan dari berbagai pihak, sehingga ke depan diharapkan dapat menciptakan infrastruktur bursa karbon yang selaras dengan mandat pemerintah, sekaligus juga sesuai dengan kebutuhan dari seluruh pelaku pasar. 

"Kami menyambut baik dukungan IDCTA untuk menciptakan ekosistem perdagangan karbon yang sesuai dengan kebutuhan industri," ujar Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Irvan Susandy, usai penandatanganan.

Sementara, IDCTA sebagai asosiasi yang menjadi wadah bagi para praktisi, pengusaha, pengembang, investor, pedagang, maupun berbagai pihak dengan kepedulian besar terhadap perdagangan karbon Indonesia bermaksud untuk memberikan masukan kepada BEI terkait pengembangan perdagangan karbon. 

Karenanya, BEI berkolaborasi dengan IDCTA untuk dapat meningkatkan pengetahuan terkait perdagangan karbon melalui diskusi dan edukasi, baik yang dilakukan oleh masing-masing pihak, maupun melibatkan pihak ketiga.

Bentuk potensi kerja sama perdagangan karbon yang dapat dilakukan adalah mengadakan diskusi serta knowledge sharing bersama sekaligus dengan pihak ketiga dalam rangka pengembangan perdagangan karbon, memperkenalkan dan melakukan evaluasi bersama berbagai solusi dalam rangka penyelenggaraan perdagangan karbon, menyelenggarakan kegiatan edukasi kepada stakeholders terkait, atau bentuk kerja sama lainnya dalam lingkup pengembangan perdagangan karbon.

Menanggapi kerja sama ini, Ketua Umum IDCTA, Riza Suarga, menyampaikan bahwa sebagai bursa kebanggaan bangsa Indonesia yang telah proven menjadi bursa efek terbesar di kawasan, sangat tepat apabila BEI menjalankan peran yang signifikan dalam penyelenggaraan ekosistem perdagangan karbon. 

“Kredit karbon Indonesia akan menjadi sangat berharga dan terpercaya. Hal tersebut merupakan kehormatan bagi IDCTA untuk terus mendukung suksesnya amanah ini," ujar Riza. (*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut