get app
inews
Aa Read Next : Anak Alami Mata Kering? Ini Cara Mengatasinya

Seberapa Pentingkah Membangun Jiwa Sosial Anak Sejak Dini? Ini Jawaban Ahli

Minggu, 13 November 2022 | 08:08 WIB
header img
Podcast Aksi Nyata hari ini, Sabtu (12/11/2022). (Foto: YouTube Partai Perindo)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama bisa dilakukan sejak dini. Anak tidak hanya perlu dibekali pendidikan formal, tetapi juga diajarkan tentang nilai-nilai kehidupan, termasuk kepedulian terhadap sesama.

Menumbuhkan kepedulian terhadap sesama dan mengajarkan empati kepada anak, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, mengajak anak mengikuti berbagai hal positif berupa kegiatan-kegiatan sosial, baik itu dilakukan secara individu, maupun dalam sebuah komunitas. 

Hal itu juga yang dilakukan Founder Komunitas 'Limitless Love’, Angeline, kepada anak-anaknya. Melalui komunitas tersebut, dia tak hanya mengajak masyarakat untuk bergabung melalukan aksi-aksi sosial peduli sesama, namun juga mengikutsertakan anak-anaknya dalam kegiatan-kegiatan mulia tersebut. 

Angeline menilai, membangun rasa kepedulian terhadap sekitar bisa ditanamkan sejak anak-anak. Namun tentu, dalam hal ini, ada pula tantangannya.

“Sedikit tantangan juga, tapi kita bisa mengajak anak-anak kita. Ya itu yang mulai kita bangun dari sini, karena enggak mungkin kan tiba-tiba umur sekian, dia tiba-tiba melek kegiatan-kegiatan seperti ini,” kata Angeline, dalam Podcast Aksi Nyata, Sabtu (12/11/2022).

Angeline pun punya cara tersendiri untuk mengajarkan anak-anaknya. "Biasanya saya sih mengajak anak-anak saya ikut terlibat (dalam komunitas),” ujar dia.

Menurut dia, hal-hal sederhana yang bisa diajarkan kepada anak dalam kegiatan sosial, bisa membuat mereka lebih peka bahwa masih banyak orang-orang yang hidupnya masih kurang beruntung. 

“Bantuin, misalnya bungkus kado untuk kegiatan secret santa, dari hal-hal kecil seperti itu, dan akhirnya melihat, oh banyak juga orang-orang yang tidak seberuntung kita,” katanya.

Melalui komunitas Limitless Love, Angeline menyebut ingin mengajak siapapun yang ingin bergabung untuk berbuat baik terhadap orang-orang yang kurang beruntung di luar sana. 

Sesuai nama dari komunitas tersebut, Angeline mengungkapkan, bahwa Limitless Love didirikan bagi orang-orang yang peduli dengan sesama tanpa ada batasan umur, agama, suku maupun ras.

“Limitless Love itu artinya lebih ke kami ingin, memang dari komunitas sosial, awalnya dari teman-teman, dari pertemanan dulu, dan kita itu ingin memberikan cinta yang tanpa batas. Dalam arti batasan itu batasan agama, suku bangsa, dan gender gitu ya, dan lain-lain gitu,” ujar dia.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut