get app
inews
Aa Read Next : Gampang Banget! Ini 2 Cara Top Up Saldo ShopeePay lewat DANA

Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol Modus Bisnis Investasi Online, Kerugian Ditaksir Rp2,1 Miliar

Selasa, 15 November 2022 | 21:52 WIB
header img
Ratusan mahasiswa IPB terjerat pinjol modus bisnis investasi online. (Foto/Ilustrasi : Ist)

BOGOR, iNewsSerpong.id - Ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) terjerat pinjaman online (Pinjol) modus bisnis investasi online. Modus terlapor yang berinisial SAN menjanjikan keuntungan kepada para korban.

 ”Jadi modusnya terkait dengan pinjol bermula kerja sama antara korban dengan terlapor tidak terkait dengan pinjol. Awalnya terlapor (SAN) menawarkan kerja sama secara online dengan bagi hasil 10 persen,” kata Wakapolresta Bogor Kota AKBP Ferdy Irawan, Selasa (15/11/2022).

Terlapor menawarkan kerja sama secara online dengan cara bagi hasil dijanjikan 10 persen dengan syarat ini harus mengajukan pinjaman online. Hasil pinjaman online dikirimkan kepada terlapor dengan iming-iming akan dibayarkan 10 persen dari hasil keuntungan.

Korban Punya Utang di Pinjol

”Faktanya setelah mereka pinjam online lalu mengirimkan sejumlah dana untuk terlapor, namun terlapor ini tidak membayarkan sesuai dengan janjinya 10 persen dan sekarang ini para korban ini punya kewajiban ke pinjol,” ujarnya.

Saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus tersebut. Dugaan kasus penipuan ini sudah berlangsung sejak Januari - Oktober 2022. ”Belum (ditangkap), karena ini kita baru terima laporannya di bulan Oktober,” ungkapnya.

Berdasarkan keterangan korban, terdapat 311 orang lainnya yang menjadi korban kasus tersebut yang mayoritas mahasiswa IPB. Kerugian korban dalam kasus ini ditaksir sekitar Rp2,1 miliar. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 15 November 2022 - 17:12 WIB oleh Putra Ramadhani Astyawan dengan judul "Begini Awal Mula Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol Modus Bisnis Investasi Online".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut