get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Agar Nikmat Bertambah Nikmat

11 Amalan Ringan Disukai Allah Karena Berpahala Besar, Lengkap dengan Hadits

Kamis, 17 November 2022 | 13:01 WIB
header img
Amalan ringan berpahala besar yang disukai Allah perlu diamalkan tiap waktu. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Amalan ringan berpahala besar yang disukai Allah penting diamalkan setiap waktu. Amalan-amalan tersebut mudah dikerjakan namun mendatangkan pahala. 

Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Alauddin Makassar, Yusran MHum dalam artikelnya Amal Saleh, Doktrin Teologi dan Sosial menjelaskan, amal adalah semua perbuatan yang dikerjakan dan dengan niat tertentu.

Kata amal lazim dibarengi dengan saleh sehingga disebut dengan amal saleh yakni perbuatan baik yang bermuara pada kebaikan dalam kehidupan manusia secara luas yang dibarengi dengan keimanan.

Sebab, iman ini yang membedakan perbuatan atau amalan saleh orang mukmin dengan orang yang tidak beriman. Tanpa iman, amalan seseorang ibarat debu yang ditipu angin.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Al Quran, Surat Ibrahim ayat 18. Allah SWT berfirman:

مَثَلُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِرَبِّهِمْ اَعْمَالُهُمْ كَرَمَادِ ِۨاشْتَدَّتْ بِهِ الرِّيْحُ فِيْ يَوْمٍ عَاصِفٍۗ لَا يَقْدِرُوْنَ مِمَّا كَسَبُوْا عَلٰى شَيْءٍ ۗذٰلِكَ هُوَ الضَّلٰلُ الْبَعِيْدُ ١٨

Artinya: Perumpamaan orang-orang yang kufur kepada Tuhannya, perbuatan mereka seperti abu yang ditiup oleh angin kencang pada saat badai. Mereka tidak kuasa (memperoleh manfaat) sama sekali dari apa yang telah mereka usahakan (di dunia). Yang demikian itu adalah kesesatan yang jauh. (QS. Ibrahim: 18).

Amalan saleh yang dibarengi dengan niat ikhlas dan penuh keimanan balasannya tidak lain hanyalah surga. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Al Quran, Surat Al Baqarah ayat 82. Allah SWT berfirman:

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ الْجَنَّةِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ 

Artinya: Adapun orang-orang yang beriman dan beramal saleh, mereka itulah penghuni surga. Mereka kekal di dalamnya. (QS. Al Baqarah: 82)

Lantas apa saja amalan yang ringan dikerakan namun pahalanya sangat besar? Berikut ulasannya

1. Membaca Zikir Subhanallah Wabihamdih

Amalan ringan berpahala besar pertama yakni membaca zikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil 'Adhim.

Amalan zikir tersebut ringan diucapkan, namun memperberat timbangan amal di hari perhitungan atau hisab. Membaca zikir tersebut juga sangat disukai Allah SWT.

Dalam hadits yang diriwayatkan ABu Hurairah bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيلَتَانِ فِي الْمِيزَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ  
سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ العَظِيْمِ

Dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu alaihi wasallam beliau bersabda: "Dua kalimat ringan dilisan, berat ditimbangan, dan disukai yang Maha Pengasih (Ar Rahman) yaitu Subhanallah wabihamdihi dan Subhaanallahulazhiim." (HR. Bukhari) [No. 6406 Fathul Bari] Shahih.

Berikut bacaan zikir Subhanallah Wabihamdihi

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ العَظِيْمِ

Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim

Artinya: "Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung".

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut