get app
inews
Aa Read Next : Tahun 2024, BMKG Prediksi Iklim Indonesia Pada Fase Netral

BMKG: Waspadai Potensi Rob dan Cuaca Ekstrem

Rabu, 08 Desember 2021 | 15:57 WIB
header img
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. (Foto: MPI)

JAKARTA – iNews.Serpong.id — Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi terjadi banjir rob dan kondisi cuaca ekstrem. Masyarakat diimbau agar selalu waspada.

Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan, kondisi cuaca di musim hujan saat ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti angin La Nina, Angin Muson, serta Sirkulasi Siklonik. Kecepatan angin di laut akan bertambah menjadi 25 hingga 30 knot (46 hingga 56 km per jam). Ini juga akan meningkatkan tinggi gelombang laut menjadi 4-6 meter.

Dwikorita menuturkan, saat ini posisi bulan sedang berada dekat dengan Bumi, dan akan mempengaruhi pasang surut air laut. “Ini akan menyebabkan volume air laut meningkat dan terjadi pasang naik. Terlebih nanti tanggal 18 sampai 22 Desember saat bulan purnama,” tuturnya di Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Potensi banjir rob ini berpotensi terjadi di seluruh Indonesia, khususnya di Indonesia bagian timur. Dwikorita mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan pasang air laut.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut