get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Eldwen Hizkia, Sosok di Balik Startup Pinjambagus Usia 26 Tahun dengan Omset Puluhan Miliar

Telkom Sebar Investasi di 25 Startup RI, Guyur Modal Rp6,19 Triliun

Minggu, 20 November 2022 | 05:03 WIB
header img
Berinvestasi di 25 Startup Tanah Air, Telkom Guyur Rp6,19 Triliun (foto: MNC Media)

JAKARTA,iNewsSerpong.id - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggandeng investor strategis yang akan membantunya dalam melakukan investasi di 25 startup Tanah Air.

Rencana, aksi investasi itu bakal dilakukan melalui salah satu anak usahanya, yaitu MDI Ventures, dengan nilai investasi total sebesar USD399 juta, atau sekitar Rp6,19 triliun.

Pendanaan investasi tersebut sengaja dilakukan Telkom sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan ekonomi digital di Indonesia, sehingga diharapkan bisa terakselerasi dengan lebih maksimal.

Menurut Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, proses pendanaan tersebut telah dimulai sejak Juli 2022, saat Telkom Group mempertemukan ratusan startup nasional dengan jajaran investor, baik lokal maupun internasional, dari berbagai belahan dunia.

Rencananya, dana senilai Rp6,19 triliun itu bakal digunakan untuk pendanaan seri lanjutan (A-C), sementara sisanya merupakan pendanaan tahap awal.

Pendanaan yang besar tersebut, disebut Ririek, menunjukkan bahwa para investor memiliki kepercayaan tinggi terhadap iklim perkembangan ekonomi digital di Indonesia dan startup dalam negeri dipercaya memiliki daya saing global dan potensi pasar yang kuat.

Kami percaya bahwa Telkom memiliki peran sebagai salah satu tulang punggung digitalisasi Indonesia. Oleh karena itu, kami terus bersikap proaktif dalam membaca potensi pasar dan menilik berbagai peluang untuk melakukan ekspansi bisnis. Melalui berbagai inisiatif serta kolaborasi dengan berbagai pihak, sejalan dengan visi B20 Summit, kami mampu memfasilitasi pencapaian pendanaan yang luar biasa bagi para pelaku startup di Indonesia," ujar Ririek, dalam keterangan resminya, Sabtu (19/11/2022).

Untuk mengukuhkan kerja sama tersebut, Telkom Indonesia telah mengundang perwakilan investor, investor global, dan startup binaan MDI Ventures untuk menandatangani nota kesepahaman penyaluran investasi tersebut yang dihadiri Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, Direktur Digital Business Telkom M Fajrin Rasyid, Direktur Wholesale dan International Service Telkom Bogi Witjaksono, CEO MDI Ventures Donald Wihardja, Marshall Pribadi, CEO Privy, selaku perwakilan startup Indonesia, dan Kirby Lam, Asia Technology Growth Investor at KKR and Co. Inc, yang menjadi perwakilan dari investor internasional.

Sementara itu, CEO MDI Ventures, Donald Wihardja, berharap dapat terus menjadi jembatan bagi startup Indonesia dengan para investor lokal dan internasional untuk bekerja sama sebagai salah satu langkah untuk mendukung perkembangan ekosistem digital yang ada di Indonesia.

"Dalam rangkaian inisiatif matchmaking MDI Ventures sebagai bagian dari Telkom, kami melihat bahwa kesempatan yang ada bukan hanya untuk memfasilitasi investor untuk menyalurkan pendanaan ke startup guna mendapatkan capital gain, tetapi juga membuka peluang bagi investor untuk mendapatkan akses ke produk dan inovasi," ujar Donald. (*)

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut