get app
inews
Aa Read Next : Universitas Buddhi Dharma Sukses Hadirkan Sistem Bisnis Digital untuk UMKM

IPO Topindoku (TOSK), Startup Lokal Pendukung UMKM Indonesia

Senin, 15 Januari 2024 | 10:08 WIB
header img
Startup Karya Anak Bangsa Pendukung UMKM Nasional Topindoku (TOSK) Siap IPO. (Foto: MNC Media)

iNewsSerpong.id - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada tahun 2023  menyumbang 61% dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dan menciptakan 97% lapangan pekerjaan. Sebagai tulang punggung ekonomi, UMKM memberikan kontribusi yang penting terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan distribusi pendapatan di seluruh negeri.

Namun, UMKM juga menghadapi beberapa hambatan, salah satunya adalah keterbatasan akses terhadap teknologi. Banyak UMKM, terutama di daerah dengan tantangan keterampilan dan akses teknologi, masih belum memahami perkembangan teknologi. Literasi digital yang kurang dan pemahaman terhadap manfaat teknologi menghambat integrasi solusi teknologi dalam bisnis mereka.

Untuk mengatasi hambatan ini, PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK) hadir sebagai solusi untuk membantu UMKM di pasar tradisional bersaing di era pasar modern, meningkatkan kualitas bisnis, dan meningkatkan kesejahteraan.

Startup ini, yang berbasis di Kalimantan Barat, fokus pada pemberdayaan UMKM melalui platformnya, Topindoku. Topindoku menyediakan solusi terintegrasi untuk keperluan bisnis UMKM, termasuk layanan penjualan produk digital, pemesanan dan pengiriman stok barang, pencatatan transaksi keuangan, PoS, dan lainnya, semua dapat diakses melalui satu platform.

Dalam upaya untuk memperluas bisnisnya, TOSK saat ini tengah menggelar proses IPO yang direncanakan sejak tahun 2023. Perseroan telah menunjuk PT MNC Sekuritas dan PT Erdikha Elit Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

TOSK telah memperoleh izin publikasi dari Otoritas Jasa Keuangan dan akan memulai masa penawaran awal (bookbuilding) pada Senin, 15 Januari 2024, hingga 19 Januari 2024.

Direktur Utama TOSK, Seiko Manito, menyatakan, lewat IPO ini, TOSK membuka peluang bagi masyarakat umum, investor, dan pihak terkait untuk berpartisipasi dalam kesuksesan dan pertumbuhan perusahaan yang berkomitmen untuk memajukan sektor UMKM.

"IPO kami bukan hanya tentang perkembangan perusahaan, tetapi juga tentang memberdayakan UMKM. Kami percaya bahwa akses modal yang lebih besar akan memungkinkan kami untuk memberikan lebih banyak dukungan kepada UMKM, memfasilitasi inovasi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal."

Direktur Investment Banking PT MNC Sekuritas, Hary Herdiyanto, meyakini bahwa TOSK akan mendapatkan respon positif dari para calon investor karena memiliki business turnover yang besar dan stabil, jaringan bisnis yang luas di Kalimantan, dan visi sociopreneur untuk memajukan UMKM melalui digitalisasi proses bisnis.(*)

 

 

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut