get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Pahit Barcelona Terukir Di Markas Sendiri

Barcelona Telan Pil Pahit, Kalah 0-3 dari Bayern Munchen

Kamis, 09 Desember 2021 | 08:27 WIB
header img
Pemain Bayern Munchen merayakan gol Leroy Sane (nomor 10) ke gawang Barcelona dalam laga Liga Champions 2021/2022 di Stadion Allianz, Munchen, Kamis (9/12/2021). Tampak pemain Barcelona, Frenkie de Jong duduk lemas di atas lapangan. (Foto: REUTERS)

MUNCHEN, iNews.Serpong.id - Barcelona terpaksa menelan pil pahit, kalah telak dari Bayern Munchen, 0-3 pada matchday terakhir Grup E Liga Champions 2021/2022 di Allianz Arena, Kamis (9/12/2021) dini hari WIB. Kekalahan itu membuat Memphis Depay dkk gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Barcelona yang finis di posisi tiga Grup E nantinya harus bersaing di kompetisi kasta kedua antarklub Eropa, Liga Europa. 

Nahas memang bagi Barcelona, mereka gagal mempertahankan catatan manis di fase grup Liga Champions. Sebelumnya El Barca selalu lolos ke babak 16 besar. Terakhir mereka gagal melaju dari fase grup pada musim 2000/2001.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Tampil di kandang lawan, Barcelona bermain menyerang. Mereka langsung memberikan tekanan sejak awal. Hanya saja, peluang yang mereka dapatkan belum membuahkan hasil. Seperti yang terjadi pada menit ketujuh, Barcelona nyaris saja memimpin. Mendapat bola dari Sergino Dest, Jordi Alba melepaskan tembakan, ietapi digagalkan kiper Bayern, Manuel Neuer.

Barcelona terus bekerja keras untuk mencari celah di pertahanan Bayern. Beberapa peluang untuk memimpin pun didapatkan. Sayang, serangan mereka belum bisa diselesaikan dengan sempurna.

Kesempatan untuk unggul kemudian datang pada menit ke-21. Memphis Depay menggiring bola dari sisi kanan dan memberikan umpan kepada Ousmane Dembele. Namun, tembakannya masih melambung.

Meski begitu, adalah Bayern yang berhasil memimpin pada menit ke-34. Thomas Muller berhasil mencetak gol melalui tandukannya. Dia meneruskan umpan kiriman Robert Lewandowski yang menggiring bola dengan sangat apik.

Gol tersebut sempat dipertanyakan oleh penggawa Barcelona, karena Ronald Araujo sudah membuang bola. Namun, wasit menyatakan jika bola sudah melewati garis gawang.

Bayern tak membutuhkan waktu lama untuk menggandakan keunggulannya. Pada menit ke-43, Leroy Sane menjebol gawang Barcelona, lewat tendangan dari luar kotak penalti. Hal itu membuat Bayern mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Babak Kedua

Bayern mengawali paruh kedua dengan permainan menyerang. Mereka mencoba untuk menggedor pertahanan Barcelona. Sayang, tembakan Sane pada menit ke-48, masih bisa ditepis kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona kemudian berusaha mengejar ketertinggalannya. Peluang didapatkan pada menit ke-55. Meski begitu, tembakan Nico Gonzalez belum menemui sasaran.

Memasuki menit ke-62, Bayern berhasil menambah keunggulannya. Adalah Jamal Musiala yang mencetak gol dengan tendangannya, setelah menerima umpan kiriman Alphonso Davies. Keadaan itu membuat Bayern mulai mengalihkan permainannya menjadi skema bertahan.

Pelatih Bayern, Julian Nagelsmann bahkan mengganti pemain yang lebih fokus bertahan. Walau demikian, bukan berarti Bayern berhenti menyerang. Pada menit ke-87, Sane mendapat peluang untuk memperlebar jarak, tetapi serangannya melambung. Skor bertahan hingga laga usai.

 

SUSUNAN PEMAIN

BAYERN MUNCHEN

Neuer; Pavard, Sule (Nianzou 78), Upamecano, Davies (Richards 71); Musiala, Tolisso (Roca 60); Sane, Muller, Coman (Sarr 71); Lewandowski (Tillman 77) Pelatih: Julian Nagelsmann

BARCELONA 

Ter Stegen; Araújo, Piqué, Lenglet, Jordi Alba (Mingueza 31); De Jong (Puig 73), Busquets, Gavi (Demir 86); Dest (Gonzalez 46), Dembele (Coutinho 73), Memphis Pelatih: Xavi Hernandez 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut