get app
inews
Aa Read Next : Rusia Blokir 15.400 Halaman Web untuk Kaum LGBT

Inggris Pasok Ukraina dengan Rudal Canggih Brimstone 2, Makin Memanas

Kamis, 24 November 2022 | 06:44 WIB
header img
Inggris kirim ribuan rudal untuk bantu Ukraina melawan Rusia. (Foto: Reuters)

LONDON, iNewsSerpong.id – Perang antara Rusia dengan Ukraina bakal makin memanas. Baru-baru ini Inggris memasok rudal canggih ke tentara Ukraina.

Senjata yang dipasok Inggris ini adalah Brimstone 2. Rudal ini berpemandu laser dan berpresisi tinggi.

Menurut laporan The Telegraph, awal pekan ini, rudal canggih ini bisa menempuh jarak dua kali lipat dari rudal Brimstone versi sebelumnya. 

Pemerintah Inggris telah memasik rudal ke tentara Ukraina sejak enam bulan lalu. Rudal itu biasanya diluncurkan dari udara. Tetapi tentara Ukraina berhasil memodifikasinya dan membuat rudal itu bisa diluncurkan dari truk-truk militer.

Brimstone versi pertama mulai digunakan Angkatan Udara Inggris atau Royal Air Force (RAF) sejak 2005. Tiga tahun kemudian senjata ini ditingkatkan kemampuanya menjadi rudal berpemandu laser. Model selanjutnya yaitu Brimstone 2 dan beroperasi mulai  2016.

Kementerian Pertahanan Inggris baru-baru ini juga menyatakan akan segera memberikan Ukraina sekitar 1.000 rudal darat-ke-udara tambahan. Jika ini terealisasi maka pertempuran di Ukraina akan makin memanas. 

Sejak Rusia melakukan operasi militer di Ukraina pada 24 Februari silam, negara-negara Barat mulai 'berlomba' mengirimkan berbagai persenjataan ke Ukraina untuk melawan Moskow. Bersamaan dengan itu mereka juga memberlakukan beragam bentuk sanksi ekonomi kepada Rusia.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut