Logo Network
Network

Calon Panglima TNI Peraih Bintang Jalasena Utama, Ini Profil Laksamana Yudo Margono

Mohammad Atik Fajardin
.
Senin, 28 November 2022 | 21:40 WIB
Calon Panglima TNI Peraih Bintang Jalasena Utama, Ini Profil Laksamana Yudo Margono
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan arahan saat Tactical Floor Game (TFG) di Mako Koarmada I, Jakarta. Yudo ditunjuk Presiden Jokowi menjadi calon Panglima TNI. (Foto : SINDOnews/Yulianto)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) itu menjadi calon tunggal yang diajukan ke DPR.

Yudo Margono akan menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang segera memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

"Bahwa nama yang diusulkan Presiden untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut," kata Puan Maharani dalam konferensi pers di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Pucuk Pimpinan TNI AL

Siapa Yudo Margono? Seorang perwira tinggi (Pati) TNI AL yang menjabat KSAL sejak 20 Mei 2020. Yudo menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang menjadi pucuk pimpinan di TNI AL sebelumnya.

Pria kelahiran 26 November 1965 di Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Madiun, Jawa Timur berasal dari keluarga sederhana. Pekerjaan orang tuanya adalah petani.

Yudo kecil mengenyam pendidikan dasar di SDN 02 Garon dan menamatkan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 1 Mejayan. Dalam riwayat pendidikannya, dia pernah menjadi bagian dari Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-33 dan lulus tahun 1988.

Sepak terjangnya di TNI Angkatan Laut terbilang cukup cemerlang. Dia pernah menjadi Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal di KRI YNS 332 (1988) sebelum akhirnya menempati posisi Kadep Ops KRI Ki Hadjar Dewantara 364.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.