get app
inews
Aa Read Next : Keadaan Jasad di Alam Kubur seperti Kondisi Hati di Dadanya Semasa Hidup

5 Pemimpin Dunia yang Jasadnya Diawetkan, Nomor 4 Pengunjung Harus Bungkuk 3 Kali

Senin, 28 November 2022 | 22:22 WIB
header img
Kim Il Sung (kiri) dan putranya Kim Jong Il diabadikan dalam bentuk patung di Pyongyang (Foto: Reuters)

4. Kim Il Sung

Pemimpin dunia berikutnya yang diawetkan adalah Kim Il Sung dari Korea Utara. Kim merupakan pendiri Korut yang juga kakek pemimpin Korut saat ini Kim Jong Un.

Kim Il Sung meninggal pada 8 Juli 1994 dan jasadnya dibaringkan setahun kemudian di Mausoluem Kumsusan Palace of the Sun di Pyongyang. Dalam beberapa kesempatan warga diperbolehkan melihat jasad Kim Il Sung. 

Bukan hanya Kim Il Sung, di tempat itu juga dibaringkan jenazah putranya, Kim Jong Il, yang menjadi pemimpin Korut setelahnya.

Mayat mereka diletakkan di ruang yang sama, dijaga ketat tentara di setiap sudut saat waktu kunjungan publik. Setiap pengunjung diharuskan membungkuk di depan jenazah tiga kali.

5. Mzee Jomo Kenyatta

Mzee Jomo Kenyatta merupakan mantan perdana menteri dan presiden Kenya. Dia diketahui sebagai satu-satunya pemimpin Afrika yang jasadnya diawetkan. Namun berbeda dengan para pemimpin negara komunis, jasad Kenyatta ditaruh di dalam peti marmer yang tak bisa dilihat dari luar.

Kenyattan dikenang oleh warga Kenya sebagai sosok yang membebaskan Kenya dari cengkraman penjajah Inggris. Pejuang kemerdekaan itu menjabat perdana menteri dari 1963-1964 dan berikutnya presiden dari 1964 hingga 1978. Kenyatta meninggal pada 22 Agustus 1978. 

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut